AHY Tempati Posisi Sebagai Cawapres Muda Pilihan Pertama

0

 PolitikToday – Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disebut sebut sebagai Calon Wakil Presiden potensial dalam Pilpres 2019 mendatang. Jika dicalonkan sebagai Wapres, angka elektabilitas Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute itu menempati posisi tertinggi dengan angka 17, 2 persen. Hal ini dijelaskan CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dari tiga sosok potensial yang muncul sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam Pilpres 2019, nama AHY menjadi pilihan utama.

“Jika responden ditanya tentang sosok cawapres potensial, AHY menempati urutan pertama,” kata Hasanuddin di Hotel Oria, Jakarta Pusat, Jumat (23/2/2018).

Ia menambahkan, untuk pertanyaan siapakan Cawapres dari kalangan muda yang akan dipilih pada Pilpres 2019, sosok AHY kembali menempati sebagai tokoh muda yang layak menjadi cawapres di Pilpres 2019 dengan perolehan 25,7 persen yang mengalahkan sosok Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Sementara itu, nama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dianggap sebagai tokoh Islam yang layak menjadi cawapres dengan perolehan 21,7 persen.

DIjelaskan Hasanuddin, Cak Imin juga memuncaki posisi sebagai tokoh santri Indonesia dengan latar belakang Nahdlatul Ulama atau NU yang layak menjadi cawapres di Pilpres 2019.

“Baru disusul oleh Anies Baswedan dengan perolehan 14,9 persen. Sedangkan dari militer itu yang paling dianggap layak mewakili yaitu Gatot Nurmantyo,” papar dia.

Survei yang dilakukan secara tatap muka ini dilakukan pada 17 Januari-7 Februari 2018 dengan margin of error sebesar 2 persen dan melibatkan sebanyak 2.203 responden.

Disisi Calon Presiden, lembaga Survey Alvara masih menempatkan nama Presiden Joko Widodo sebagai Capres dengan raihan suara tertinggi mengalahkan pesaing terdekatnya Prabowo Subianto.

Dia menyebut popularitas Jokowi mencapai 98 persen dibandingkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di urutan kedua dengan persentase 94,8 persen.

Baca juga  Jokowi Digugat Warga Karena Dinilai Lalai Tangani Corona

Nama Jokowi, tambahnya, juga menempati posisi pertama dengan raihan elektabilitas 68,4 persen dan mengalahkan Prabowo ditempat kedua.

“Harapan itu berasal dari pemilih dari daerah Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi,” ujar dia.

(gg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here