Diduga Terima Suap, Komisioner Panwaslu dan KPU Garut Diciduk

0

PolitikToday – Satgas Anti-Politik Uang Bareksrim Polri mengamankan Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Garut, Jawa Barat, Heri Hasan Basri dan komisioner KPU Garut Ade Sudrajat.

Kedua penyelenggara Pilkada tersebut diamankan karena diduga menerima suap atau gratifikasi dari salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Garut.

“Sekarang sedang diperiksa di Ditreskrimum Polda Jabar,” ucap Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto, Sabtu (24/2/2018).

Keduanya ditangkap Satgas Anti Money Politic Bareskrim Mabes Polri siang tadi. Saat penangkapan, polisi turut mengamankan satu buah unit mobil Daihatsu Sigra berwarna putih.
“Ada satu mobil yang kita amankan,” kata dia.

Agung menuturkan keduanya diduga menerima gratifikasi dari salah satu paslon Pilbup Garut 2018. Mereka menerima ‘hadiah’ untuk meloloskan salah satu paslon.
Namun polisi belum merinci secara lengkap terkait penangkapan tersebut. Begitupun terkait paslon yang melakukan suap.

“Dugaan tindak pidana menerima suap atau gratifikasi untuk meloloskan salah satu calon dalam pilkada Kabupaten Garut,” tuturnya.

Dari penangkapan tersebut keduanya melanggar pasal 11 dan atau 12 Undang-Undang Tipikor dan atau pasal 3 dan 5 Undang-Undang TPPU.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi mengaku masih mencari kebenaran informasi tersebut. Dia belum mengetahui kepastian penangkapan salah satu komisioner KPU Garut.

“Saya masih cek kebenaran informasi itu, apakah benar atau tidak. Saya masih mencari dari sumber yang tepat,” ucap Hilwan saat dihubungi.

Seperti diketahui, ada empat paslon yang dinyatakan lolos untuk mengikuti Pilbup Garut, satu pasangan independen, tiga pasangan dari partai politik. Keempat paslon itu adalah pasangan petahana Rudy Gunawan-Helmi Budiman, Iman Alirahman-Dedi Hasan Bahtiar, Suryana-Wiwin, dan Agus Hamdani-Pradana Aditya Wicaksana.

(rt)

Baca juga  Dua Kali Ceroboh, KPU Harus Diperiksa DKPP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here