Pemerintah Hentikan Sejumlah Proyek Infrastruktur

0

PolitikToday – Pemerintah menghentikan sementara seluruh pekerjaan proyek infrastruktur dengan struktur layang (elevated) yang menggunakan beban berat. Hal ini menyusul maraknya kecelakaan konstruksi proyek infrastruktur layang, khususnya yang dikerjakan BUMN.

Keputusan ini disepakati dari hasil pertemuan antara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

“Kami sepakat hentikan sementara pekerjaan-pekerjaan infrastruktur struktur layang yang berat,” kata Basuki usai rapat di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa, (20/2/2018).

Basuki menegaskan penghentian sementara seluruh proyek infrastruktur layang atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini perintah presiden (Jokowi), untuk sementara dievaluasi,” tegas Basuki.

Sementara itu PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku operator LRT Jakarta meminta kejelasan pemerintah terhadap langkah penyetopan atau moratorium sementara seluruh proyek infrastruktur bersifat layang (elevated).

“Itu yang jadi pertanyaan kami, karena memang masih belum ada kepastian itu. Kalau seperti itu, susah bagi kami untuk kejar Asian Games, itu lumayan membuat kami panik,” kata Direktur PT Jakpro Satya Heragandhi (20/2/2018).

Satya meminta kepada pemerintah untuk bisa memberikan kepastian terkait moratorium ini. Dia berharap dalam waktu dekat moratorium sudah bisa dihentikan.

“Tapi apapun itu tadi, semua harus ada solusinya, kalau gak ada solusinya, dan hanya dimoratorium terus, maka kita enggak bisa mengerjakan apa-apa bagaimana. Kami berharap, dalam satu dua hari ini pemerintah bisa memberi atau ada kejelasan, jadi kami hanya meminta pengertian pemerintah bagaimana solusi untuk kami,” tutupnya.

Walau begitu, Satya bilang, Jakpro harus tetap mengikuti arahan pemerintah untuk bisa menghentikan pekerjaan proyek LRT Jakarta. Namun, kata Satya, akan lebih baik bila pemerintah punya langkah lain dalam menangani persalahan keselamatan kerja, di samping moratorium yang dilakukan.

Baca juga  Gubernur Riau Nyatakan Dukungan Usai Dilantik Presiden Jokowi

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here