Pengamat Nilai Prabowo Sudah Kehilangan Momentum

0

PolitikToday – Pengamat Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Arie Sudjito, menilai Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sudah kehilangan momentum untuk kembali dicalonkan dalam pemilihan presiden 2019 yang akan datang. Ditambahkan Arie, jika berkaca pada kondisi hari ini, porsi dukungan yang akan diraih Gerindra tidak sama dengan raihan pada saat pilpres 2014 silam.

“Belum tentu dukungannya sebesar tahun 2014, saya melihat malah cenderung menurun. Dugaan saya ya. Momennya Prabowo sudah lewat,” kata Arie, Selasa (27/2).

Dosen Ilmu Politik FISIP UGM itu menjelaskan saat ini, jika melihat peta poliitk tanah air dan kecendrungan arus dukungan pada figur, maka peluang Jokowi untuk kembali terpilih menjadi Presiden RI 2019 nanti sangat kuat dan akan bisa mengalahkan Prabowo.

“Karena kemarin kan head to head. Lagian Jokowi waktu itu pendatang. Nah sekarang Jokowi itu incumbent, probabilitasnya lebih besar dibandingkan dulu,” jelas dia.

Selain itu, Arie menilai melemahnya konsistensi partai koalisi untuk kembali mendukung Prabowo juga menjadi penyebab kekalahan itu.

“Dulu partai-partai solid mendukung Prabowo. Sekarang sudah terfragmentasi, Golkar ke Jokowi. PKS pun pecah, PAN juga separuh Jokowi separuh enggak. Enggak sekuat dululah,” tambahnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyebut kecil kemungkinan Gerindra mencalonkan tokoh lain selain Prabowo. Menurut dia, Partai Gerindra akan melakukan konsolidasi nasional pada Maret 2018 ini.

(gg)

Baca juga  Hari ini Prabowo Bertolak Ke Singapura Besuk Ani Yudhoyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here