Berkat Pak De Karwo, Kaum Nasionalis Jatim Solid Dukung Khofifah-Emil

0

PolitikToday – Kalangan nasionalis di Jawa Timur lebih mendukung paslon Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dalam Pilgub Jatim 2018. Hal ini disampaikan wakil bendahara Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jawa Timur Reno Zulkarnaen di Surabaya, Kamis (26/4/2018).

Reno beralasan, hanya Khofifah-Emil yang bisa melanjutkan program-program Soekarwo.

“Karena hanya pasangan Khofifah-Emil inilah yang bisa meneruskan program-program yang sudah digagas oleh Gubernur Jatim Soekarwo ke depan,” kata Reno.

Reno menilai kalangan nasionalis di Jatim lebih melihat arah dukungan sosok gubernur Jatim saat ini. Pasalnya, Soekarwo merupakan mantan ketua PA GMNI yang memiliki pengaruh besar di kalangan nasionalis Jatim.

Terkait adanya kubu GMNI lain yang menyatakan dukungannya kepada Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno, Reno menganggapnya sebagai dinamika organisasi.

“Memang dalam perkembangannya ada adik-adik, saudara dan senior yang menggunakan nama GMNI itu mendukung Gus Ipul Puti. Namun bagi kami itu adalah dinamika biasa,” lanjut Reno.

Totalitas Pakde Karwo, kata Reno, dalam mendukung Khofifah-Emil sudah tidak diragukan. Apalagi pada proses pendaftaran paslon tempo hari Soekarwo berdiri paling depan mengantarkan pasangan nomor urut dua itu ke KPU.

Sehingga, kata dia, banyak elemen dan senior bahkan anak-anak muda nasionalis tetap menganggap Pakde Karwo adalah tauladan yang patut diikuti sikap politiknya.

“Kalau ada kader alumni GMNI mendukung paslon sebelah (Gus Ipul-Puti, red), itu dinamika. Namun, dari kebiasaan di GMNI karena biasanya dukungan yang solid dan masif bergerak di bawah itu tidak akan muncul ke permukaan, tapi hasilnya bisa dilihat di 27 Juni mendatang,” jelasnya.

Terakhir Reno juga mengaku dirinya telah melakukan komunikasi dengan keluarga besar nasionalis dan marhaenis terkait dukungan politik tersebut.

Baca juga  La Nyalla Hanya Bermodal Bismillah, Ingin Sejahterakan Warga Jatim

“Di bawah kami semua masih solid dan on the track memenangkan pasangan Khofifah-Emil,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, survey-survei politik mulai mengunggulkan Khofifah-Emil. Sebelumnya, setelah dinyatakan unggul oleh survei litbang Kompas dengan selisih 0,5 persen, paslon Khofifah-Emil kembali unggul lewat survei Poltracking Indonesia. Elektabilitas mereka mencapai meraih 42,6 persen. Sedangkan kompetitornya, pasangan calon Gus Ipul 39,6 persen. Lebih lanjut, sesuai top of mind, Khofifah-Emil 36,0 persen dan Gus Ipul-Puti 31,3 persen.

“Dalam minggu ini sudah 3 lembaga survei yang di publish (kompas, republik institute dan poltracking, red). Kami bersyukur seluruh lembaga survei menunjukkan grafik yang semakin baik,” ujar Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio.

(rt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here