Debat Soal Utang Luar Negeri, Netizen Dukung Rizal Ramli

0

PolitikToday – Koordinator Forum Rakyat Lieus Sungkharisma mengapresiasi rencana debat terbuka antara Ekonom Senior Rizal Ramli dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait masalah besaran utang luar negeri Indonesia yang disebutkan kian menghawatirkan. Dikatakan Lieus, jika debat kedua ahli ekonomi itu terealisasi, maka rakyat akan tahu salah dan benarnya pemberitaan terkait utang uar negeri yang kini menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat.

“Saya setuju. Debat itu harus dilakukan secara terbuka untuk publik agar semua rakyat Indonesia tahu siapa yang benar dan siapa yang salah, soal hutang luar negeri RI itu,” kata Lieus melalui keteranagn tertulis, Jumat (27/4).

Sebagaimana diketahui, Mantan Menteri Keuangan era pemerintahan presiden Abdurahman Wahid, Rizal Ramli (RR) menantang Menteri Keuangan Kabinet Kerja Sri Mulyani untuk buka-bukaan dan adu debat terkait isu utang luar negeri Indonesia saat ini.

Rizal Ramli bahkan berharap agar debatnya nanti dapat disiarkan di TV sehingga masyarakat seluruh Indonesia turut menyaksikan.

Sebelumnya, dijelaskan Lieus, Jokowi, menantang para pengkritik untuk beradu data dan berdebat dengan SMI terkait dengan utang Indonesia. Seketika tantangan Jokowi tersebut direspon oleh Rizal Ramli dan mengatakan siap beradu argumen dengan Sri Mulyani.

Oleh karena itu, lanjut Lieus, Presiden harus memfasilitasi adu debat tersebut. “Pak Jokowi harus memfasilitasi debat tersebut dan debat itu harus disaksikan seluruh rakyat,” katanya.

Sementara itu di dunia maya, dukungan terhadap Rizal Ramli juga disuarakan para netizen. Terbukti dari beberapa poling yang dilakukan, netizen yang mendukung Rizal jauh lebih banyak dibanding yang mendukung Sri Mulyani.

Bahkan, dalam poling online tersebut, Rizal juga mengais dukungan lebih besar dari Sri Mulyani. Rizal Ramli sendiri dikenal sebagai Mantan Menteri di era Jokowi yang kerap mengkritik kebijakan pemerintah yang pernah dibelanya. Rizal bahkan menyebut angka utang luar negeri Indonesia sudah masuk tahap yang menghawatirkan.

Baca juga  Rizal Ramli: Pemerintah Nggak Fokus Corona Karena Pikiran Ribet

Disisi lain, Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio memprediksi Rizal Ramli akan mampu mematahkan argumen Sri Mulyani jika debat terealisasi.

“Tanpa perlu debat kita bisa perkirakan hasilnya, konsep ekonomi kerakyatan RR akan melumat habis teori pro hutang Sri Mulyani,” ujar pengamat politik Hendri Satrio.

(gg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here