KAMMI Fasilitasi Debat Terbuka Rizal Ramli-Sri Mulyani

0

PolitikToday – Tantangan debat terbuka yang dilayangkan mantan Menteri Koordinator bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli kepada Sri Muyani Indrawati (SMI) terkait hutang Indonesia didukung oleh Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI).

Ketua PP KAMMI bidang kebijakan publik, Abdussalam mengaku siap memfasilitasi debat yang dilayangkan oleh Rizal Ramli.

“Kami dengan senang hati akan mempertemukan Sri Mulyani dan Rizal Ramli untuk saling buka data dan berargumen secara sehat lewat forum terbuka,” katanya, Jumat (27/4).

Menurut Abdussalam, pihaknya berencana akan menggelar seminar terbuka pada akhir April atau awal Mei mendatang. Ia berharap debat terbuka tersebut bisa menjadi ajang saling mengisi dan mengingatkan agar pengelolaan negara bisa berjalan dengan baik.

“Soal utang negara yang sudah diatas Rp4.000 triliun, PP KAMMI menilai jika tidak diingatkan akan terus bertambah,”katanya.

Sebelumnya Rizal mengaku siap debat terbuka dan adu data terkait hutang luar negeri Indonesia dengan Menteri Keuangan saat ini, Sri Mulyani.

“Ini asyik, saya siap dan tolong diatur debat terbuka RR versus SMI,” kata Rizal, Kamis (26/4).

Rizal menganggap apa yang disampaikan oleh Sri Mulyani terkait neraca transaksi berjalan dan keseimbangan primer selalu baik tidak sesuai dengan fakta yang ada.

“Menteri Keuangan selama ini selalu berpidato prudent, prudent. Apanya yang prudentWongsemuanya defisit. Apanya yang prudent? Ini prudent kalau semuanya positif,” pungkasnya.

Persoalan hutang Indonesia yang diklaim sudah mencapai Rp. 4000 triliun memang menjadi amunisi bagi pihak oposisi untuk menyudutkan pemerintah.

Presiden Joko Widodo juga mempersilahkan politisi yang mengkritik pemerintah melalui skema hutang langsung beradu argument dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca juga  Pengamat Sebut Rizal Ramli Akan Mudah Kalahkan Sri Mulyani

“Soal utang, saat kita dilantik (sebagai Presiden pada Oktober 2014), utang itu sudah Rp2 ribu triliun, bunganya kurang lebih 250-an triliun. Dihitung saja angkanya,” ujar Jokowi dalam Mata Najwa ‘Eksklusif: Kartu Politik Jokowi yang ditayangkan di Trans 7, Rabu (25/4) malam.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, hingga Februari 2017, total utang pemerintah hingga akhir Februari 2017 menembus Rp4.035 triliun. Utang pemerintah masih didominasi oleh penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) yang mencapai Rp3.257,26 triliun atau 80,73 persen dari total utang pemerintah.

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here