KPK Jamin Brigjend Firli Akan Bertindak Profesional 

0

PolitikToday – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan lembaga anti rasuah tersebut akan bertindak profesional dalam menangani kasus dugaan korupsi Bailout Bank Century yang melibatkan nama Mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono. Sebelumnya, keraguan akan kinerja KPK muncul karena Direktur Penindakan KPK yang baru Brigjend (Pol) Firli merupakan mantan ajudan Boediono saat menjabat sebagai Wakil Presiden periode 2009- 2014 lalu.

Ditegaskan Juru bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, lembaganya akan bertindak sesuai prosedur dan mekanisme hukum yang berlaku saat melaksanakan tugasnya memeriksa kasus korupsi tersebut.

“Saya kira secara kelembagaan KPK akan profesional untuk menangani kasus ini,” kata Febri.

Ia menilai sebagai profesional Polri, Brgjend Firly akan mampu memisahkan persoalan kedekatannya sebagai ajudan Boediono pada saat menjabat sebagai wakil presiden dengan posisinya saat ini sebagai Direktur Penindakan KPK yang baru.

Disisi lain, Ketua KPK Agus Rahardjo juga ikut menegaskan bahwa lembaganya serius menindaklanjuti kasus korupsi Bank Century dan saat ini sedang menelusuri 10 nama yang dianggap berperan besar dalam korupsi dana talangan untuk Bank Century.

Sebagaimana diketahui, PN Jakarta Selatan telah memerintahkan KPK untuk mentersangkakan beberapa nama penting karena diduga ikut terlibat dalam korupsi dan penyalahgunaan wewenang penyelamatan Bank Century pada tahun 2008 lalu.

Dalam amar putusan praperadilan yang diajukan LSM Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), hakim PN Jakarta Selatan memerintahkan KPK melanjutkan proses hukum sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku dalam perkara tindak pidana korupsi Bank Century.

(gg)

Baca juga  Gawat ! Puluhan Koruptor Berpotensi Bebas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here