PAN Dukung Jokowi atau Prabowo, Amien Rais dan Zulkifli Hasan Beda Pendapat

0

PolitikToday – PAN dipastikan akan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres dalam pemilu mendatang. Hal ini disampaikan Ketua Majelis Pertimbangan PAN Amien Rais, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

“Saya kira enggak ada jalan lain,” tegas Amien.

Terkait sikap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang masih membuka opsi untuk merapat ke kubu Jokowi, Amien menjawab bahwa dirinya lebih tahu keinginan kader PAN ketimbang Zukifli. Amien menyebut seluruh kader PAN di daerah tak berkenan untuk mengusung Jokowi pada Pemilu Presiden atau Pilpres 2019.

“No, no. Saya lebih tahu dari Pak Zul. Maaf, karena saya mendirikan. Saya keliling ke mana-mana. Umat PAN di bawah emoh (tak mau) Jokowi, titik. Pak Zul bermanuver itu hanya sandiwara saja, yah,” ucapnya.

Sehingga Amien menilai mustahil bila PAN nantinya bergabung dalam koalisi pendukung Jokowi. Bahkan Amien menambahkan, dalam Rakernas PAN akhir Mei nanti, sudah terbaca rekomendasinya bakal mengusung Prabowo.

Apalagi kader-kader PAN, kata Amien, merasa tak puas dengan kinerja Jokowi. Misalnya, meningkatnya utang luar negeri dan tak stabilnya kurs dollar.

“Ya sudahlah Pak Jokowi kami hargai, anak bangsa sudah berjuang, kalau memang belum berasa tidak berhasil ya sudah,” kata Amien.

Amien juga menyindir elektabilitas Jokowi yang disebutnya terus melorot.

“Itu yang namanya demokrasi, tidak boleh, sudah jelas sudah melorot (elektabilitasnya) masih nekat terus. Jangan begitu, namanya itu totaliter atau otoriter,” ujar mantan Ketua MPR itu.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku partainya masih terus menjajaki capres yang akan didukung dalam pemilihan presiden 2019 mendatang. PAN tak hanya penjajakan dengan poros Joko Widodo (Jokowi), tetapi juga poros Prabowo Subianto.

Baca juga  Natalius Pigai Nilai Jokowi Cuma Bubarkan Lembaga Ecek-ecek: Ini Kelas Kepala Negara Lho!

Zulkifli menilai posisi Jokowi sebagai petahana menjadi salah satu pertimbangan PAN untuk memberikan dukungan. Namun peluang mendukung poros lainnya juga tetap terbuka.

“Ya itu kan penjajakan dulu, ketemu-ketemu dulu. Pak Jokowi tentu kan peluangnya  incumbent besar, menjadi pertimbangan,” ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

(rt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here