Survei Cyrus Network: PKS, Nasdem, Hanura dan PSI Terancam Gagal ke Parlemen

0

PolitikToday – Survei Cyrus Network memprediksi PKS, Nasdem, Hanura dan PSI terancam gagal ke parlemen. Hal ini mengingat ambang batas parlemen adalah 4% dari total suara sah nasional di pemilu legislatif, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Beberapa partai pengusung Jokowi pun malah berada pada titik rawan atau terancam tak lolos parliamentary trreshold sama sekali, seperti NasDem (3,3%), Hanura (1%), dan PSI (0,3%),” kata Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Alfianto, dalam keterangan pers hasil survei dari Cyrus Network, yang dirilis pada Kamis (18/4/2018).

Tiga partai pendukung Jokowi yang terancam tak lolos ke parlemen adalah Partai NasDem, Partai Hanura, dan PSI. Mereka terancam tak lolos ke parlemen karena tidak bisa mengoptimalkan figur Jokowi untuk mendongkrak keterpilihan partai.

Hal yang sama juga terjadi di tubuh parpol pendukung Prabowo. Hanya Gerindra yang berhasil mengasosiasikan diri dengan Prabowo.

“Pada partai koalisi di luar pengusung Jokowi, tampaknya hanya Gerindra yang bisa meraih dukungan stabil di angka 11,5% dengan persepsi publik bahwa lawan Jokowi adalah Prabowo. Tapi hal ini tidak berlaku bagi PKS, yang angkanya hari ini hanya berkisar 3,5%,” katanya.

Survei dilakukan pada 27-3 April 2018. Survei ini melibatkan 1.239 responden dari 123 desa/kelurahan di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka. Tingkat keyakinan survei sebesar 95% dengan margin of error sebesar 3%.

“Survei ini juga menemukan bahwa publik mempersepsikan PDIP dan Jokowi sangat identik. Dengan begitu, PDIP memetik keuntungan elektoral terbesar dari persepsi ini. Hanya PDIP yang mendapatkan limpahan luar biasa ini, yaitu sebesar 27%. Sedangkan Partai Golkar hanya mendapat 11,5%,” kata Eko.

Baca juga  “Nyesek”, Dulu Sekutu, Kini PDIP dan Gerindra Berkoalisi Hajar PKS

Menurut Eko ini menandakan parpol-parpol tersebut gagal memanfaatkan citra tokoh yang didukungnya di pilpres. Nasdem, Hanura dan PSI gagal mendongkrak suara dengan mendukung Jokowi. Sementara PKS gagal meraup elektoral lewat pengusungan Prabowo.

(rt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here