Survei: Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Tidak Terbendung

0

PolitikToday – Pasangan cagub dan cawagub Jawa Tengah, Ganjar dan Yasin semakin tidak terbendung. Elektabilitas pasangan ini jauh mengungguli kompetitornya Sudirman Said dan  Ida Fauziah.

Ganjar-Yasin yang diusung PDIP, Demokrat, PPP, Nasdem dan Golkar ini, dalam beberapa survei memperlihatkan elektabitas yang sangat tinggi. Dalam survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, pasangan Ganjar-Yasin mendapatkan elektabilitas sebesar 50,3 persen. Sementara itu, kompetitornya Sudirman-Ida yang diusung Gerindra, PKB, PKS, dan PAN hanya memperoleh elektabilitas sebesar 10,5 persen saja. Sedangkan, 39,2 persen suara lainnya belum menentukan pilihan.

“Hasil survei kami menyebut, Ganjar-Yasin melampaui the magic number, yakni 50 persen lebih. Sedangkan Sudirman-Ida hanya 10,5 persen dan yang masih ragu memilih ada 39,2 persen”, ungkap Direktur LSi Denny JA, Sunarto Ciptoharjono, di Grand Candi Hotel, Semarang, Selasa (24/4).

Keunggulan Ganjar Pranowo dari sang rival, lanjut Sunarto, dipengaruhi oleh sejumlah hal. Pertama, mulai dari popularitas Ganjar yang mencapai 89,5 persen. Sementara popularitas Sudirman Said baru mencapai 44,2 persen.

“Untuk popularitas dua kandidat wakilnya masih di bawah 30 persen,” ujarnya.

Ganjar dinilai juga unggul dari segmen generasi milenial maupun generasi senior. Generasi milenial yang mencapai 42,38 persen dari total hampir 50 persen lebih yang mendukung Ganjar-Yasin.

Selain itu, dukungan dari Partai Demokrat, PPP, Nasdem, dan Golkar juga besar mempenagruhi dukungan kepada pasangan cagub-cawagub Ganjar-Ida.

Hal ini juga diperkuat dengan perpaduan duet pasangan tersebut yang disebut nasionalis dan agamis. Ganjar merupakan kader partai PDIP yang terkenal nasionalis, sedangkan Taj Yasin merupakan putra dari tokoh ulama berpengaruh di Jawa Tengah, Maimoen Zubair.

Namun, Sunarto menganalisis kondisi masih sangat dinamis dan sisa waktu dua bulan waktu kampanye. Jika tidak ada blunder besar serta kejadian ‘tsunami’ politik, paslon nomor urut satu itu akan diambang kemenangan.

Baca juga  Demokrat dan PKS Sepakat Tolak Usulan Ambang Batas Parlemen 7 Persen

Survei tersebut dilaksanakan pada tanggal 3-10 April 2018 dengan menggunakan metode multistage random sampling (sampel acak bertingkat) yang melibatkan 600 responden dengan margin of error sebesar 4,1 persen.

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here