Usut Kasus BLBI, KPK Rekrut Kembali Anggota Polri Ini

0

PolitikToday – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merekrut kembali anggota Polri Muhammad Irhamni untuk menangani kasus penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) BLBI. Irhamni pernah menjabat Ketua Satuan Tugas Penyidikan perkara SKL BLBI.

“Dia direkrut untuk menyelesaikan kasus yang khusus,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo, di Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Menurut Agus, Irhamni pernah meningkatkan status tersangka kepada mantan Kepala BPPN Syafruddin Asyad Temenggung. Kemudian, ia kembali ke Polri setelah masa kerjanya di KPK berakhir.

Agus mengakui, pihaknya membutuhkan keberadaan Irhamni untuk menangani kasus tersebut. “Kami memerlukan pengetahuan yang sangat khusus (untuk menangani perkara tersebut),” imbuhnya.

Sebelumnya, KPK akan bekerja sama dengan Singapura untuk memulangkan bos PT Gajah Tunggal Tbk Sjamsul Nursalim dan istrinya Itjih Nursalim untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus SKL BLBI. Selaku obligor BDNI, Sjamsul diduga diuntungkan sebesar Rp 4,58 triliun.

“Jadi ini masih berproses di penyidik KPK, di mana mereka memahami tahapan prosesnya dikaitkan dengan rencana yang sudah disusun. KPK memiliki hubungan kerja sama yang baik dengan CPIB Singapura,” kata Saut Situmorang, Wakil Ketua KPK, di Jakarta, Senin (16/4/2018).

KPK telah menetapkan Syafruddin Arsyad Temenggung sebagai tersangka pada April 2017 lalu. Adapun, tindak pidana korupsi oleh Syafruddin terkait pemberian SKL kepada pemegang saham pengendali BDNI pada 2004 sehubungan dengan pemenuhan kewajiban penyerahan aset oleh obligor BLBI kepada BPPN.
(raf)

Baca juga  Rachmawati Minta KPK Segera Periksa Megawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here