Wakil Presiden Akui Asuransi di Indonesia Dikuasai Asing

0

PolitikToday – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengakui perusahaan asuransi sedang tumbuh marak di Indonesia. Sayangnya, sebagian besar perusahaan tersebut justru dikuasi pihak asing.

“Di Indonesia ini banyak asuransi, tetapi kita lihat semua yang memegang kendali atau sebagian besar sekarang ini asuransi asing,” kata JK saat membuka seminar nasional Ketenagakerjaan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Menurut dia, dominasi perusahaan asuransi asing di Indonesia bukan karena tak mampunya perusahaan asuransi lokal mencari peserta. Ia yakin perusahaan asuransi lokal tak kalah dalam menggaet peserta.

Namun, yang membedakan asuransi lokal dengan asing, terletak pada pengelolaan dana asuransi. Sebab, saat ini, perusahaan asuransi lokal masih gemar menginvestasikan dananya di deposito.

Padahal, kata dia, banyak opsi investasi lain yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan asuransi. Misalnya, membeli surat utang negara atau bahkan berinvestasi langsung di bidang infrastruktur.

Misalnya, membangun rumah susun khusus buruh atau bahkan membangun jalan tol dengan uang asuransi. “Dan selalu kelemahan kita ialah bagaimana menginvestasi dana sehingga timbul kelanjutan dan yang paling penting penjaminan masa depan,” kata dia.

Di tengah dominasi perusahaan asuransi asing, Kalla menilai dua perusahaan asuransi nasional yakni BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan harus terus diperhatikan. Kedua perusahaan BUMN itu dinilai punya peran penting untuk memberikan asuransi kepada jutaan masyarakat Indonesia.
(raf)

Baca juga  Masalah Tanah Prabowo, JK: Ketimbang Dikelola Asing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here