Empat Orang Terluka, Ini Kronologis Kerusuhan Mako Brimob yang Baru Diketahui

    0

    PolitikToday – Kerusuhan terjadi di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Selasa (8/5/2018) malam hingga Rabu (9/5/2018) dini hari.  Empat orang dilaporkan mengalami luka-luka dalam kejadian itu.

    Peristiwa tersebut bermula dari cekcok antara tahanan dengan petugas dari personel Brimob Polri ini kian membesar hingga polisi harus mensterilkan lingkungan di sekitar Mako Brimob.

    Banyak informasi beredar di media sosial yang mengklaim terkait situasi terakhir di markas korps Brimob itu. Video dan foto pun beredar di jagat dunia maya.

    Polri meminta masyarakat tak langsung percaya informasi-informasi itu. Namun, sejumlah wartawan mulai mendapat sedikit kronologis terkait kerusuhan di Mako Brimob tersebut.

    Berikut informasinya:

    1. Selasa, Pukul 21.30: Wartawan mulai mendapatkan informasi tentang jebolnya tahanan napi kasus terorisme di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Namun, upaya konfirmasi dilakukan ke aparat kepolisian tak mendapat jawaban.

    2. Selasa, Pukul 23.20: Konfirmasi baru didapat dari Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol M. Iqbal. Namun, Iqbal hanya membenarkan terjadinya kerusuhan di dalam Mako Brimob yang melibatkan tahanan dan petugas. Saat itu, polisi masih berusaha menangani kekacauan di dalam Mako.

    3. Rabu, Pukul 00.05: Aparat kepolisian mulai melakukan pengamanan ketat di sekitar Mako. Wartawan diminta menjauh gerbang Mako hingga 200 meter. Di media sosial, mulai bertebar gambar dan foto yang menyebutkan kondisi terkini di Mako Brimob. Bahkan, ada salah satu akun Instagram yang disebut melakukan siaran langsung dari dalam rutan Mako Brimob yang berhasil dikuasai para napi kasus teroris.

    4. Rabu, Pukul 00.35: Polisi mulai memasang kawat berduri. Wilayah yang disterilkan juga meluas hingga gereja, rumah sakit, hingga unit Satwa Kabaharkam yang berada persis di samping Mako Brimob.

    5. Rabu, Pukul 01.07: Karo Penmas Brigjen M. Iqbal akhirnya memberikan pernyataan kepada pers. Dia membenarkan adanya kerusuhan di dalam rutan di Mako Brimob. Peristiwa itu bermula dari cekcok tahanan dengan petugas. Sejumlah petugas terluka.

    6. Rabu, Pukul 01.15: Jalan Akses UI yang berada di depan Mako Brimob Kelapa Dua ditutup sementara. Di sepanjang jalan ini, banyak disebar personel Brimob.

    7. Rabu, Pukul 02.15: Sejumlah personel polisi diperintahkan untuk bersiap siaga. Secara serentak, para personel mengokang senjata laras panjang yang dibawa. Setelah itu, terdengar perintah agar para polisi yang dilengkapi dengan helm dan rompi antipeluru tersebut mengambil tempat masing-masing untuk melindungi diri.

    8. Rabu, Pukul 05.30: Kendaraan pribadi maupun masyarakat yang berjalan kaki dilarang melintas di depan Mako Brimob.

    9. Rabu, Pukul 07.39: Penjagaan ketat masih dilakukan. Anggota Brimob dengan senjata laras panjang juga masih berjaga. Jalan Akses UI masih tetap tak bisa dilalui warga. Sejumlah mobilb pejabat Polri mulai berdatangan masuk ke dalam Mako Brimob.

    10. Rabu, Pukul 08.00: Karo Penmas Brigjen M. Iqbal menyebut ada empat orang yang terluka akibat kerusuhan itu. Keempatnya kini sudah menjalani perawatan di rumah sakit. Tapi Iqbal tidak merinci keempat korban luka itu apakah dari petugas atau napi.

    11. Rabu, Pukul 08.30: Polisi masih berusaha untuk mengendalikan situasi. Tampak kendaraan TNI AD juga memasuki Mako Brimob.

    (raf)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here