Gerindra: Kepala BIN Lebih Sibuk Jadi Cawapres daripada Urus Teror

    0

    PolitikToday – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Ferry Juliantono, meminta pemerintah mengevaluasi kinerja Polri dan BIN yang dinilai lamban mengantisipasi serangan teroris.

    Apalagi, kata dia, Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan lebih sibuk mengupayakan jadi Cawapres Joko Widodo (Jokowi) dibanding mengurusi persoalan teror.

    “Pemerintah harus evaluasi Kapolri dan Kepala BIN, lah orang Kepala BIN-nya juga sibuk mau jadi calon wakil presiden sih,” kata dia di Jakarta, Selasa, (22/5/2018).

    Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Front Gerakan Aktivis Indonesia (Fraksi), A.M Awaluddin Manggantarang juga mendesak Jokow agar mencopot Budi Gunawan, karena dinilai gagal mengantisipasi terjadinya rentetan aksi teror di Tanah Air.

    “Kami dari aktivis Fraksi mendesak Presiden Jokowi untuk mengevalusi kinerja dan bila perlu mencopot pejabat terkait pemberantasan tindak terorisme yang tidak memiliki komitmen dan kerja nyata untuk memberantas aksi teror yang belakangan ini marak terjadi,” tegas Awaluddin melalui keterangan pers, Senin (21/5/2018).

    Awaluddin mengemukakan, dalam catatan Fraksi, Kepala BIN Budi Gunawan belum pernah memimpin lembaga intelijen di institusi kepolisian. Reputasi mantan wakapolri ini cukup banyak membuat pertanyaan.

    “Jujur kami menilai pengangkatan sejumlah pejabat terkait khususnya Kepala BIN beberapa waktu lalu sarat dengan kepentingan politik partai penguasa, dengan adanya dugaan titipan dari partai penguasa atau dengan makna lain bagi bagi kue kekuasaan,” terangnya.

    Dengan tidak adanya penjelasan yang pasti dari pihak Istana, menurut dia, justru menandakan bahwa pengangkatan Budi sebagai kepala BIN lebih dilandasi oleh alasan politis dibandingkan alasan kinerja waktu itu. 

    “Menurut kami masih banyak sosok lain yang jauh lebih kompeten dan bersih dibandingkan Budi Gunawan,” tukasnya.
    (raf)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here