Ini Analisis Kemungkinan PAN Dukung Gatot Nurmantyo

    0

    PolitikToday – Ketua Presidum Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima), Sya’roni memprediksi wacana PAN mengusung mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pada Pilpres 2019 mendatang sangat mungkin terjadi.

    Namun, Sya’roni memperkirakan PAN akan kesulitan mencari partai koalisi untuk membentuk poros ketiga di luar poros Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto

    “Karena masing-masing parpol ingin jadi cawapres semua. Tidak ada yang mau mengalah,” kata Sya’roni, Rabu (9/5/2018).

    Sya’roni menyebut PAN bisa saja membujuk Partai Demokrat dan PKB untuk membentuk poros ketiga. Namun hal ini sulit terwujud karena dua partai ini juga masing-masing mengajukan Muhaimin Iskandar dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. PAN juga mengusung Zukifli menjadi cawapres.

    “Sampai sekarang belum ada lobi PAN untuk membentuk poros ketiga. Sebaliknya kemarin Zulhas secara terbuka mendukung Cak Imin menjadi cawapresnya Jokowi,” ungkapnya.

    Sya’roni juga mengaku membaca bahwa PAN tidak berniat membentuk poros ketiga. Bahkan bisa jadi PAN mendorong Cak Imin menjadi cawapres Jokowi agar persaingan memperebutkan kursi cawapres Prabowo semakin ringan.

    “Artinya, nantinya hanya PKS yang akan bersaing dengan PAN,” tutur dia.

    Menurut dia, sejauh ini parpol-parpol yang disebut akan membentuk poros ketiga terkendala oleh tidak adanya sosok figur kuat yang mampu menyatukan parpol-parpol pengusung. Ditambahkannya ketokohan dari masing-masing parpol memiliki level yang beda-beda tipis sehingga masing-masing merasa menjadi cawapres.

    “Dengan kondisi adem ayem seperti sekarang ini maka sulit rasanya berharap akan adanya poros ketiga,” pungkasnya.

    Sebagaimana diketahui, silaturahmi antara Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan Gatot Nurmantyo membuka wacana PAN bakal mengusung mantan Panglima TNI tersebut pada Pilpres 2019 mendatang.

    Selain bertemu Gatot, Zulkifli Hasan juga telah bertemu dua tokoh yang namanya masuk dalam bursa capres-cawapres. Mereka adalah Mantan Menko Maritim Rizal Ramli dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.

    Zulkifli bertemu TGB di ruang kerjanya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/5/2018). Sedangkan pertemuan dengan Rizal Ramli terjadi pada 3 Mei 2018.

    (rt)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here