Kalahkan JK dan Gatot, Elektabilitas AHY Jadi Cawapres Paling Tinggi

    0

    PolitikToday – Komandan Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi tokoh paling diunggulkan untuk mendampingi Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Kesimpulan tersebut merupakan hasil survei yang dirilis Roda Tiga Konsultan (RTK), Kamis (10/5/2018).

    “Responden ditanya ‘jika memilih Jokowi, siapa yang pantas mendampingi Jokowi? Top of mind-nya AHY dengan 8,5 persen. Kedua Pak JK 7,1 persen. Ketiga baru Pak Gatot dengan 5,9 persen,” kata Direktur Riset RTK Rikola Fedri di Cafe Mandailing, Jalan Lebak Bulus I, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

    Riko mengatakan, dari hasil survei di April terkait elektabilitas cawapres, Agus berada di posisi teratas yakni 18 persen. Atau, elektabilitasnya naik dari survei sebelumnya di September tahun lalu yang bertengger di angka 14,3 persen.

    “Ketika (responden) diberi pilihan nama, AHY tetap jadi nomor 1 dengan 18 persen. Kemudian Gatot dengan persentase 14. Lalu ada Muhaimin Iskandar, Sri Mulyani, dan lain-lain,” terang Riko.

    Nama AHY semakin kuat ketika pertanyaan terkait seberapa besar peluangnya diusung menjadi cawapres Jokowi. Para responden menilai peluang AHY lebih besar dibandingkan dengan Gatot dan tokoh lainnya.

    “Jika Jokowi-AHY, yang menyatakan mungkin dan sangat mungkin itu sebesar 70,8 persen. Jokowi-Gatot sebesar 65,7 persen. Jokowi-Wiranto 60,8 persen,” ujar Riko.

    RTK pun mengambil simulasi pasangan capres dan cawapres dengan hanya menyajikan dua poros yakni bila Demokrat merapat ke kubu Jokowi, dan AHY dipasangkan sebagai calon wakil presiden.

    Maka akan mendapatkan dukungan tertinggi 51,3 persen melawan kubu Gerindra apabila jadi berkoalisi bersama PKS dengan memasangkan Prabowo Subianto dan Sohibul Iman sebagai capres dan cawapres yang hanya mampu menarik dukungan 28,6 persen.

    “Artinya AHY merupakan tokoh yang paling fleksibel jika berpasangan dengan Jokowi atau dengan Prabowo pada Pilpres 2019,” pungkasnya.
    (raf)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here