Nasib HTI Ditentukan Hari Ini

    0

    PolitikToday – Nasib Ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) akan ditentukan hari ini dalam sidang pembacaan keputusan yang akan digelar oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) DKI Jakarta. Sebagaimana diketahui, beberapa waktu yang lalu, HTI telah mengajukan gugatan atas terbitnya Peraturan Presiden Pengganti Undang – Undang tentang pembubaran Ormas yang disahkan pada 2017 lalu.

    Ketua Umum HTI, Ismain Yusanto kepada wartawan Minggu (6/5) lalu, mengatakan, hari ini PTUN DKI Jakarta akan mengagendalan sidang putusan atas gugatan yang dilayangkannya terkait dibubarkannya Ormas tersebut oleh oleh Kementerian Hukum dan HAM.

    “Iya betul, lihat saja besok,” jelas Ismail.

    Ia juga menyebutkan, sebanyak ratusan massa eks anggota HTI akan datang ke PTUN Jakarta untuk menunggu putusan sidang dan memberikan dukungan agar PTUN menerima gugatan mereka dan mengembalikan kedudukan HTI sebagai Ormas yang diakui oleh pemerintah.

    Sementara itu, dikutip dari situ www.ptun.jakarta.go.id, disebutkan PTUN akan menggelar sidang putusan atas gugatan HTI dengan nomor perkara 211/G/2017/PTUN.JKT. Sidang akan dipimpin oleh Hakim Ketua Tri Cahya Indra Permana serta hakim anggota Nelvy Christin dan Roni Erry Saputro.

    Di sisi lain, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham, Freddy Harris menyatakan pencabutan badan hukum HTI merupakan tindak lanjut dari penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

    “Mereka mengingkari AD/ART sendiri, serta dengan adanya masukan dari instansi terkait lainnya, maka ha-hal tersebut juga menjadi pertimbangan pencabutan SK Badan Hukum HTI,” ujar Freddy di kantor Kemenkumham, Rabu (19/7/2017).

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here