PAN Nyatakan Ikut Dukung Pansus Perpres 20/2018 Tentang Tenaga Kerja Asing

    0

    PolitikToday – Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Daulay menyebutkan partainya kemungkinan akan ikut serta dalam barisan fraksi di DPR yang akan mengajukan usulan pembentukan Panitia Khsusus terkait Penolakan terjadap Perpres nom 20 Tahun 2018 yang sudah ditanda tangangi oleh Presiden Jokowi. Dikatakan Daulay, bersama Gerindra dan PKS yang sudah lebih dahulu menginisiasi pembentukan Pansus TKA, PAN akan segera menyusul dan menyatakan sikap akan mendukung pansus tersebut.

    Lebih jauh dijelaskan Saleh, setelah DPP PAN mempelajari dampak dari adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 itu, PAN akhirnya menyatakan mendukung pembentukan Pansus TKA karena tidak adanya keuntungan yang didapatkan oleh bangsa Indonesia.

    Dia menjelaskan, pembentukan Pansus tidak akan menyerang pemerintah dalam artian menyerang secara membabi buta. Pansus, tambahnya akan menyelidiki persoalan TKA yang sudah diributkan belakangan ini.

    “Mengapa kami merasa ini penting karena kami menginginkan agar antara pemerintah dan masyarakat bisa menemukan satu kesamaan visi terkait dengan keberadaan tenaga kerja asing di Indonesia,” jelas Saleh Jakarta, Selasa (1/5).

    Ia juga meminta kepada pemerintah untuk menjelaskan apa yang menjadi keresahan di dalam masyarakat. Menurutnya, saat ini ada dugaan-dugaan yang jika dibuka secara luas justru membantu pemerintah.

    “Nah sekarang kan seolah-olah begitu ada Pansus pasti akan menyudutkan pemerintah. Bagi kami, kalau dibuka dengan data yang benar dan jika pemerintahnya benar maka kami dukung pemerintahnya,” ujarnya.

    Sebelumnya, sebagaimana diketahui, sejumlah politisi PKS dan Gerindra sudah terlebih dahulu menandatangani usulan pembentukan pansus tersebut. Fahri dan Jazuli menandatangani usulan tersebut di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (30/4).

    Dengan keikutsertaan Daulay, tercatat sudah ada enam nama orang anggota DPR yang telah menyatakan ikut memberikan suara untuk segera dibentuk Pansus.

    Dalam UU MD3 yang baru diatur, syarat minimal pembentukan Pansus harus di usulkan oleh sekurang kurangnya dua puluh lima anggota DPR dari tiga fraksi berbeda.

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here