PKS: Pernah Dapat Jatah Cawapres, PAN Harusnya Legowo di 2019

    0

    PolitikToday – Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menanggapi keinginan Partai Amanat Nasional (PAN) yang mengajukan Zulkifli Hasan sebagai calon presiden atau cawapres. Menurutnya, PAN seharusnya bisa mengalah, karena pernah dapat jatah di 2014.

    “Pada Pemilu 2014, PKS telah mengalah dari PAN yang mengusung Hatta Rajasa berdampingan dengan Prabowo Subianto. Meski saat itu PKS memiliki perolehan suara lebih besar dari PAN berdasarkan Pileg 2009,” terang Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

    Ia mengatakan, saat ini memang perolehan suara PAN lebih tinggi dari PKS. Berdasarkan kursi legislatif, PAN memiliki 48 kursi, sementara PKS hanya 40 kursi.

    “Tetapi kan Pilpres bukan kali ini saja. Tahun 2014 waktu itu PKS suaranya 57, PAN 43 dan PKS ridho, legowo untuk PAN jadi cawapres padahal suaranya lebih jauh dari PKS. Sekarang selisihnya hanya delapan,” kata Hidayat.

    Meski begitu, kata dia, semua kembali pada keputusan calon presiden. Karena pada akhirnya presiden akan menentukan siapa calon yang paling pas dan memiliki koalisi yang sesuai.

    “Calon wakil presiden yang menurut beliau paling nyaman jadi mitra koalisi, mitra memenangkan Pilpres dan Pilwalpres,” ungkapnya.

    “Diukur dengan selama ini bagaimana, selama ini soliditasnya bagaimana, elektabilitasnya bagaimana, dan sejauh mana capres meyakini bahwa dengan dia lebih mungkin menang ketimbang dengan yang lainnya,” ucapnya.
    (raf)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here