Rilis Survei Indikator: AHY Kandidat Kuat Cawapres Jokowi

    0

    PolitikToday – Indikator mengeluarkan rilis survei nasional dengan tema “Dinamika Elektoral Jelang Pilpres dan Pileg Serentak 2019”. Dalam info yang dibagikan Indikator melalui twitter @indikatorcoid, Rabu (2/5) akan dihadiri oleh Burhanudin Muhtadi, Bambang Soesatyo, Maruar Sirait, Ahmad Muzani, Mardani Ali Sera, dan Amir Syamsudin

    Diskusi diawali dengan makan siang bersama dan dilanjutkan paparan hasil survei oleh Burhanudin Muhtadi selaku Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia. Sementara itu, moderator yang bertugas yaitu Hendro Prasetyo.

    Survei nasional Indikator dilakukan pada bulan Maret 2018 dengan melibatkan 1200 responden. Magin of error pada survei ini sekitar +/- 2,9% dengan pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

    Dalam simulasi yang dilakukan, terlihat pertarungan perebutan kursi presiden akan kembali rematch antara Jokowi dan Prabowo. Dalam Top of Mind, dengan pertanyaan jika Pilpres dilakukan hari ini maka Jokowi mendapatkan perolehan 39,9%, sedangkan Prabowo sebesar 12,1%.

    Terlihat juga dalam trend Top of Mind, dukungan terhadap Jokowi meningkat dan dukungan terhadap Prabowo Subianto terlihat stagnan.

    Hal yang sama terlihat juga dalam pertanyaan semi terbuka saat ditanyakan jika Pilpres dilakukan hari ini. Jokowi memperoleh dukungan saat ini 51,9% atau meningkat dari survei sebelumnya yang hanya 47,1%. Sedangkan pesaingnya Prabowo Subianto memperoleh dukungan sebesar 19,2 atau stagnan dengan survei sebelumnya.

    Yang menarik adalah posisi Wakil Presiden. Persaingan terjadi antara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Anies Baswedan.

    Dari simulasi 19 nama yang diajukan sebagai Wakil Presiden mendampingi Jokowi, AHY mendapatkan dukungan sebesar 16,3%. Sementara itu, nama Anies Baswedan terpaut 3,3% persen dibawahnya, yaitu sebesar 13%.

    Saat nama Anies Baswedan tidak dimasukkan dalam simulasi 11 nama yang diajukan sebagai Wakil Presiden mendampingi Jokowi, nama AHY juga memuncaki perolehan dukungan. AHY memperoleh dukungan sebesar 22,4% disusul Sri Mulyani dengan dukungan sebesar 10,5%.

    Walaupun selisih antara AHY dan Anies Baswedan tidak terlalu signifikan, namun AHY terlihat sangat diunggulkan untuk mendampingi Jokowi sebagai calon Wakil Presiden.

    (bs)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here