Sri Mulyani: Jumlah Utang Pemerintah Terus Menurun

    0

    PolitikToday – Ditengah tudingan bahwa pemerintah terus menambah nilai utang luar negeri, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati justru mengkalim jumlah utang Indonesia terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Disebutkan Menkeu saat berpidato di Kampus IAIN Surakarta, pemerintah terus menjaga porsi utang agar tidak melampaui nilai yang ditetapkan.

    “Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan, setiap tahun kita tidak boleh utang lebih dari 3 persen dari total kue ekonomi kita,” katanya.

    Menurut Mantan Managing Director World Bank tersebut, kue ekonomi Indonesia atau produk domestik bruto di Indonesia saat ini sebesar Rp14.000 triliun.

    Ia menjelaskan, tahun ini pemerintah telah menurunkan nilai utang dari 2,99 persen pada tahun 2017, maka pada tahun 2018 ini, angka itu telah diturunkan menjadi 2,55 persen.

    “Pemerintah menargetkan pada tahun depan, utang kita bisa turun 2 persen dari angka saat ini,” katanya.

    Lebih jauh Ia menjelaskan, berdasarkan UU Keuangan, pemerintah diberi batas maksimum mengajukan utang total tidak boleh melebihi 60 persen dari PDB dalam negeri. Oleh karena itu, tambahnya, jika melihat PDB Indonesia sekitar Rp14.000 triliun, batas maksimum utang bisa mencapai Rp8.400 triliun.

    “Padahal sekarang utang kita sekitar Rp4.000 triliun,” katanya.

    Ia juga menyesalkan banyaknya pernyataan diluar yang menyebutkan bahwa pemerintah kembali menumpuk utang dan hal itu seakan-akan memojokkan pemerintah.

    “Utang ini bukan seenaknya Menteri Keuangan, semua sudah diatur dalam undang-undang,” katanya.

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here