Yel-Yel ‘Ganti Presiden’ Menggema di Aksi May Day Depan Istana

    0

    PolitikToday – Ratusan ribu buruh dari berbagai elemen yang bergerak dari Patung Kuda Monas menuju Istana Negara, meneriakkan yel-yel ‘Ganti Presiden’ dalam unjuk rasa memperingati Hari Buruh (May Day), Selasa (1/5/2018).

    Massa buruh itu tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Serikat Pekerja Nasional (SPN). Mereka tampak memakai baju khas serikat buruh masing-masing.

    Salah seorang orator yang berada di mobil komando kemudian meminta kesiapan massa aksi soal pergantian Presiden. Ajakan itu langsung disambut teriakan massa aksi.

    “Siap ganti Presiden?” teriak orator tersebut.

    “Siap,” ujar massa.

    Tak hanya itu, tampak juga sejumlah massa buruh yang mengenakan pakaian merah dan hitam dan membawa spanduk bertuliskan “Kami Pastikan Tidak Pilih Jokowi’. Mereka juga tampak membawa bendera putih dari serikat pekerjanya.

    Hingga pukul 12.18 WIB, massa terus bergerak ke Istana Negara. Orasi dari kelompok aksi itu terus disuarakan.

    Tuntutan Buruh

    Sementara itu, Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan ada tiga tuntutan buruh yang dinamakan Tritura Plus. “Tuntutan yang akan disuarakan kaum buruh dalam aksi May Day adalah Tritura Plus, yaitu tiga tuntutan buruh dan rakyat,” ucap Said dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/4/2018) malam.

    Pertama, ujar Said, menuntut pemerintah menurunkan harga beras dan bahan bakar minyak serta tarif listrik. Tujuannya, membangun ketahanan pangan dan energi.

    Kedua, menolak upah murah. KSPI meminta Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dicabut. “Jadikan KHL (kebutuhan hidup layak) 84 item,” tutur Said.

    Tuntutan ketiga adalah penolakan terhadap tenaga kerja asing (TKA) buruh kasar asal Cina. KSPI menginginkan pencabutan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. “Tambahannya adalah hapus outsourcing dan pilih presiden RI 2019 yang proburuh,” katanya.
    (raf)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here