Besok, 16 Kotak Kosong Bakal Lawan Paslon Pilkada

    0
    Besok, 16 Kotak Kosong Bakal Lawan Paslon Pilkada

    PolitikToday – Sebanyak 16 kotak kosong siap bertanding dengan para paslon kepala daerah-wakil kepala daerah dalam Pilkada Serentak 2018, Rabu (27/6/2018) besok.

    Data KPU yang diunggah pada laman infopemilu.kpu.go.id, Selasa (26/6/2018), terdapat 16 daerah yang hanya punya satu paslon.

    Paslon tunggal tersebut terdapat di Kabupaten Deli Serdang (Sumatra Utara), Kabupaten Padang Lawas Utara (Sumatra Utara), Kota Prabumulih (Sumatra Selatan), Kabupaten Pasuruan (Jawa Timur), Kabupaten Lebak (Banten), Kabupaten Tangerang (Banten) dan Kota Tangerang (Banten).

    Sisanya berada di Kabupaten Tapin (Kalimantan Selatan), Kabupaten Minahasa Tenggara (Sulawesi Utara), Kabupaten Bone (Sulawesi Selatan), Kabupaten Enrekang (Sulawesi Selatan), Kabupaten Mamasa (Sulawesi Barat), Kabupaten Memberamo Tengah (Papua), Kabupaten Puncak (Papua), Kabupaten Jayawijaya (Papua) dan Kota Makassar (Sulawesi Selatan).

    Jumlah calon tunggal di Pilkada 2018 lebih banyak dibanding dengan Pilkada 2017 dan Pilkada 2015. Pada 2017, hanya ada sembilan daerah dengan calon tunggal yakni Kota Tebingtinggi, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Pati, Kabupaten Buton, Kabupaten Landak, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Tambrauw , Kota Sorong dan Kota Jayapura.

    Sementara itu, sebelumnya, yakni pada Pilkada 2015, tercatat hanya ada tiga daerah dengan calon tunggal. Ketiganya yakni Kabupaten Tasikmalaya, Blitar dan Kabupaten Timur Tengah Utara.

    Sebagaimana diketahui, pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 jatuh pada Rabu (27/6). Sebanyak 171 daerah yang terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten akan menggelar pemungutan suara esok hari.

    (rt)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here