Bukan Penduduk Setempat, 4 Cawali Mojokerto Tak Bisa Ikut Nyoblos

    0
    Bukan Penduduk Setempat, 4 Cawali Mojokerto Tak Bisa Ikut Nyoblos

    PolitikToday – Empat Calon wali kota (cawali) Mojokerto tak bisa ikut mencoblos dalam Pilkada 2018 di daerah pemilihan mereka. Pasalnya, keempat kandidat tersebut bukan penduduk setempat, sehingga tidak memiliki hak pilih.

    Ketua KPU Kota Mojokerto Saiful Amin mengatakan, hal itu sesuai data yang tercatat dalam form BB.2 KWK saat pendaftaran. Keempat cawali bukan warga Kota Mojokerto sehingga tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilwali 2018.

    Cawali nomor urut 1 Akmal Boedianto tercatat sebagai warga Jemursari, Tenggilis, Surabaya, cawali nomor urut 2 Andy Soebjakto Molanggato tinggal di Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.

    Cawali nomor urut 3 Warsito tinggal di Lontar, Sambikerep, Surabaya. Sedangkan cawali nomor urut 4 Ika Puspitasari tercatat sebagai warga Desa Tampungrejo, Puri, Kabupaten Mojokerto.

    “Keempat cawali tak bisa menggunakan hak pilih di Pilwali karena bukan warga Kota Mojokerto. Namun, ini hanya persoalan administratif kependudukan. Kami yakin selama ini beliau semua telah menggunakan hak pilih saat Pemilu,” kata Amin kepada wartawan, Rabu (27/6/2018).

    Kendati begitu, lanjut Amin, para cawali Mojokerto tersebut masih bisa menyalurkan hak pilihnya untuk Pilgub Jatim 2018.

    “Cawali masih bisa mencoblos dalam Pilgub, kecuali Pak Andy saja karena bukan warga Jatim,” ujarnya.

    Lain halnya dengan calon wakil wali kota (Cawawali) Mojokerto. Pasangan para cawali tersebut dipastikan bisa memilih, baik untuk Pilwali maupun Pilgub 2018.

    Cawawali nomor urut 1 Rambo Garudo akan memilih di TPS 002 Balong Rawe, Kelurahan Kedundung, Cawawali nomor urut 2 Ade Ria Suryani di TPS 012 Kedung Sari, Kelurahan Gunung Gedangan.

    Cawawali nomor urut 3 Moeljadi akan mencoblos di TPS 008 Lingkungan Griya Permata Meri, sedang Cawawali nomor urut 4 Achmad Rizal Zakaria di TPS 006 Pulorejo.

    Pilwali Mojokerto 2018 diikuti 4 paslon wali kota dan wakil wali kota. Paslon nomor urut 1 Akmal Boedianto-Rambo Garudo diusung PDIP, paslon nomor urut 2 Andy Soebjakto Molanggato-Ade Ria Suryani diusung PKB, PPP dan Partai Demokrat.

    Sementara pasangan nomor urut 3 Warsito-Moeljadi diusung PAN dan PKS, serta paslon nomor urut 4 Ika Puspitasari-Achmad Rizal Zakaria diusung Partai Golkar dan Gerindra.
    (raf)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here