Dua Pilkada di Papua Ditunda Karena Faktor Keamanan

    0
    Dua Pilkada di Papua Ditunda Karena Faktor Keamanan

    PolitikToday – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memastikan aparat keamanan terus berupaya untuk melakukan proses pengamanan distribusi logistik untuk pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Nduga dan Paniai di Propinsi Papua. Wiranto mengaku upaya distribusi logistik untuk kedua daerah itu terkendala karena situasi keamanan yang tidak kondunsif sejak beberapa hari lalu.

    “Di Papua masih ada dua daerah yang terkendala karena pendistribusian logistik belum selesai karena situasi keamanan yang tidak kondusif. Tapi sekarang sedang proses pengamanan, sedang ditangani,” ungkap Wiranto usai meninjau pelaksanaan Pilkada di TPS 7 Kel. Babakan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (27/6).

    Mantan Panglima TNI itu mengatakan, pasca ditembaknya pesawat terbang milik maskapai Trigana Air yang disewa untuk membawa logistik kampanye beberapa waktu lalu menyebabkan pelaksanaan Pilkada di kabupaten itu tidak bisa dilaksanakan pada hari ini.

    “Hal itu karena aparat keamanan dari Brimob ditembaki sehingga logistiknya masih terlambat,” kata Wiranto.

    Ia menambahkan, khusus untuk Kabupaten Paniai pelaksanaan Pilkada ditunda karena terjadi konflik usai penetapan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati. “Masyarakat menghendaki satu calon. Ini masih ribet. Perlu diselesaikan dulu,” jelas Wiranto.

    Ia menjelaskan, dengan alasan itu, pelaksanaan pilkada di dua kabupaten tersebut terpaksa ditunda dan baru akan dilaksanakan pada saat situasi dan kondisi di wilayah itu sudah betul-betul kondusif.

    “Tetap, pelaksanaan Pilkada di dua daerah tersebut tetap akan dilaksanakan,” tegas Wiranto.

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here