Eko Subowo Ditunjuk Menjadi Penjabat Gubernur Sumatera Utara

    0
    Eko Subowo Ditunjuk Menjadi Penjabat Gubernur Sumatera Utara

    PolitikToday – Polemik penunjukan Komisaris Jenderal Muhammad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat berimbas pada batalnya penunjukan pejabat Polri aktif lainnya untuk menduduki posisi Penjabat Gubernur di daerah lain. Sebagaimana diketahui, pasca protes berbagai kalangan,
    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akhirnya melantik Dirjen Administrasi Kewilayahan Kemendagri Eko Subowo sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara menggantikan Tengku Erry Nuradi yang telah habis masa jabatannya, Jumat (22/6).

    Pelantikan Eko Subowo membatalkan rencana semula dimana kementrian akan menempatkan Kepala Divisi Propam Mabes Polri Irjen Pol Martuani Sormin sebagai Penjabat Gubernur Sumut sebagaimana diwacanakan pada bulan Februari lalu.

    Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Eko dilakukan pada 08.23 WIB di Aula Raja Inal, Kantor Gubernur Sumatera Utara, pada Jumat (22/6/2018). Eko diangkat berdasarkan Keppres Nomor 107/P tertanggal 8 Juni 2018.

    Tjahjo mengatakan penunjukkan Eko untuk menghindari kekosongan kepemimpinan dan didasarkan pada Pasal 201 ayat (10) UU No. 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

    Mantan Sekjend PDI-P itu menekankan sebagai Penjabat Gubernur yang tengah menjalani proses Pilkada, Eko mengemban tugas yang tidak ringan. Diantaranya Ia mesti menjalin komunikasi secara optimal dengan DPRD dan seluruh (forum komunikasi pimpinan daerah) Forkompimda.

    Eko juga diminta untuk melaksanakan tugas pemerintahan daerah yang sejalan dengan Nawa Cita atau Sembilan Agenda Strategis Pemerintah.

    Selain itu, Ia juga diminta untuk turut menyukseskan perhelatan demokrasi tersebut. Tjahjo menghendaki Eko agar bersinergi dengan baik bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

    “Penjabat Gubernur mengawal netralitas aparatur sipil negara dan anggota TNI/Polri,” ucap Tjahjo.

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here