Hasto: Hasil Pilkada Sumut Mengejutkan

    0
    Hasto kristiyanto pdip

    PolitikToday – Pengakuan mengejutkan diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang menyatakan tidak menyangka pasangan Cagub/Cawagub yang diusung partainya akan kalah dalam Pilkada Sumatera Utara versi hitung cepat beberapa lembaga survey yang berlangsung hari ini di Sumut. Disebutkan Hasto, hasil pilkada di Sumut yang menempatkan jagoan mereka dibawah capaian pasangan ERAMAS sama sekali diluar prediksi mereka.

    “Sumut hasilnya memang begitu mengejutkan,” kata Hasto saat ditemui di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (27/6).

    Hasto mengaku heran dan masih bertanya-tanya penyebab kekalahan Djarot-Sihar. “Apakah ini benar sebagai sebuah proses politik di mana pergeseran dari aspek suku, kemudian etnisitas, kemudian daerah asal itu atau tidak,” ujar dia.

    Ditambahkannya, PDIP akan segera melakukan kajian terhadap hasil Pilkada Sumut untuk mengetahui apakah kekalahan ini karena politik identitas atau faktor lain. Mantan Anggota Tim Transisi Pemerintahan Jokowi itu menambahkan, pada dasarnya PDIP mengusung Djarot-Sihar pada pemilihan gubernur (pilgub) Sumut bukan dengan membeda-bedakan suku, etnis, dan golongan.

    “Kami mencalonkan Pak Djarot karena kami berbicara tentang Indonesia raya,” kata dia.

    Ia lebih jauh menegaskan sikap bahwa menang kalah dalam pesta demokrasi adalah hal biasa. Yang terpenting, menurut Hasto adalah hasil pilkada akan menjadi evaluasi kebijakan-kebijakan pemimpin selanjutnya.

    “Karena bagi PDIP menang kalah itu hanya lima tahun. Kalau kalah, kami bisa melakukan perbaikan. Kalau menang, bagaimana menjaga kemenangan untuk rakyat agar tidak ada korupsi dari kemenangan itu. Itu yang kami jaga,” katanya.

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here