Indonesia Tambah Utang 300 Juta Dollar AS, Malaysia Gotong Royong

    0

    PolitikToday – Pemerintah Indonesia menambah utang 300 Juta Dollar AS. Pinjamaman tersebut diberikan setelah Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui permohonan pinjaman senilai 300 juta dolar AS kepada Indonesia.

    Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Rodrigo Chaves dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Jumat (1/6), menyatakan jika utang tersebut dikelola dengan baik akan berdampak baik terhadap 2,8 juta penduduk Indonesia.

    “Jika direncanakan dan dikelola dengan baik, pariwisata dapat menghasilkan lapangan kerja yang besar dan melipatgandakan pendapatan bagi Indonesia. Infrastruktur dasar yang lebih baik dan belanja oleh para pengunjung dapat menghasilkan dampak ekonomi yang signifikan di daerah-daerah yang memiliki keterbatasan untuk pemerataan kemakmuran,” kata Chaves.

    Di balik penambahan utang oleh pemerintah Indonesia, negeri Jiran Malaysia malah bergtong royong menyelamatkan negaranya dari lilitan hutang.

    Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng menindaklajuti penggalangan dana dari masyarakat Malaysia untuk membantu beban pemerintah melunasi utang.

    “Sejalan dengan perkembangan ekonomi dan peningkatan di kalangan rakyat atas posisi utang negara, ada tanda-tanda kesadaran dari rakyat untuk memberi dukungan kepada pemerintah,” kata Lim Guan Eng.

    Diberi nama Tabung Harapan Malaysia, pemerintah sudah mengumumkan nomor rekening dan bank yang akan menampung dana dengan sumbangan harus dalam mata uang ringgit.

    “Rakyat secara sukarela ingin menyumbang pendapatan mereka kepada pemerintah untuk mengurangi beban,” jelas Lim Guan Eng dalam pernyataannya.

    Upaya yang ditempuh pemerintah Malaysia ini mengingatkan yang pernah dilakukan rakyat Korea Selatan tahun 1990-an, dengan antri berduyun-duyun untuk menyumbangkan barang-barang berharga, termasuk cincin kawin, guna membantu perekonomian negara dalam menghadapi krisis keuangan Asia.

    (bs)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here