Komisioner HAM PBB Pertanyakan Undangan Jokowi ke Papua

    0
    Komisioner HAM PBB Pertanyakan Undangan Jokowi ke Papua

    PolitikToday – Komisioner Tinggi urusan hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, Zeid Raad Al Hussein, mempertanyakan undangan Jokowi untuk mengunjungi Papua yang sampai saat ini belum terwujud.

    “Di Indonesia, saya khawatir meski ada hubungan positif dengan otoritas, undangan pemerintah untuk kantor saya mengunjungi Papua, yang diberikan saat saya berkunjung pada Februari lalu, belum terpenuhi,” ujar Hussein dalam pernyataan pembukaannya di pertemuan Dewan HAM PBB, seperti dilansir situs resmi OHCHR, Senin (18/6).

    Sementara itu, Pemerintah RI melalui Direktur HAM Kemlu RI, Achsanul Habib menganggap pernyataan Komisioner Tinggi urusan hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, Zeid Raad Al Hussein tidak logis dan berlebihan.

    “Agak janggal, pemerintah sebagai pihak yang mengundang disebutkan tidak ‘honoured’ undangan tersebut. Saya kira statement itu tidak logis dan berlebihan,” ujarnya, Selasa (19/6).

    Habib menjelaskan bahwa sejak saat itu, pemerintah sudah berkoordinasi langsung dengan kantor perwakilan KTHAM untuk Asia yang bermarkas di Bangkok, Thailand.

    “Namun sangat disayangkan, sebelum itu dilakukan, KTHAM melalui kantor perwakilan regional di Bangkok secara sepihak telah menentukan sendiri waktu, lokasi kunjungan, dan sasaran kunjungan, yang kemudian disusul dengan permintaan agar segera diberikan visa untuk 2 orang staf dari Bangkok,” tutur Habib.

    Selain itu, Duta Besar RI untuk PBB, Hasan Kleib, pun menyayangkan staf Hussein sudah melapor ke KTHAM pusat ketika akses belum selesai diurus.

    Hasan memastikan akan meluruskan informasi ini dalam salah satu sesi di markas PBB di Jenewa pada pagi ini waktu setempat.

    (bs)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here