Lewat Facebook, Yudi Latif Mundur dari Kepala BPIP

    0

    PolitikToday – Kabar menghebohan tersiar dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Setelah santer polemik gaji Dewan Pengarah yang mencapai ratusan juta, kini Yudi Latif mengundurkan diri dari posisi Kepala BPIP. Kabar ini disampaikan Yudi lewat akun Facebook-nya.

    “Benar (Yudi Latif mengundurkan diri, red),” kata Kasatgasus BPIP Widodo Ekatjahjana membenarkannya, Jumat (8/6//2018).

    Sampai sekarang belum ada konfirmasi lebih lanjut dari Yudi Latif. Begitu pula dari para Dewan Pengarah BPIP. Namun lewat akun facebook-nya, Yudi menulis panjang soal pamitannya itu.

    “Saya mohon pamit. “Segala yang lenyap adalah kebutuhan bagi yang lain, (itu sebabnya kita bergiliran lahir dan mati). seperti gelembung-gelembung di laut berasal, mereka muncul, kemudian pecah, dan kepada laut mereka kembali”,” tulis Yudi lewat akun facebook Yudi Latif Dua.

    Yudi bercerita tentang awal pembentukan badan itu yang dimulai dari Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Kemudian bertransformasi jadi BPIP per Februari 2018.

    “Saya merasa, perlu ada pemimpin-pemimpin baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Harus ada daun-daun yang gugur demi memberi kesempatan bagi tunas-tunas baru untuk bangkit. Sekarang, manakala proses transisi kelembagaan menuju BPIP hampir tuntas, adalah momen yang tepat untuk penyegaran kepemimpinan,” ujar Yudi.

    Terkait Wakil Kepala BPIP Haryono mengaku kaget menerima kabar tersebut. Haryono mengatakan Yudi telah menyampaikan pengunduran dirinya melalui WhatsApp Group yang menghimpun jajaran BPIP. Namun, Yudi belum sempat membicarakan pengunduran diri tersebut secara langsung kepada jajaran BPIP. Haryono baru mengetahui kabar itu pagi ini.

    “Saya juga baru tahu, kaget saya, baru tahu dari grup WA BPIP,” kata Haryono, Jumat (8/6/2018).

    Haryono mengatakan pejabat teras BPIP belum mengetahui alasan pengunduran diri Yudi. Rencananya mereka akan menemui Yudi pada siang hari ini untuk meminta penjelasan terkait hal tersebut agar tidak menimbulkan penafsiran yang beragam.

    “Kami kaget dan apapun beliau pimpinan kami dengan segal kelebihan dan kekurangannnya, kami belum tahu alasan riil beliau, apakah mungkin karena lelah menghadapi tantangan birokrasi atau yang lain,” ujarnya.

    Sebagaimana diketahui, Kepala BPIP merupakan pelaksana sehari-hari. Posisi Kepala BPIP berada di bawah Dewan Pengarah BPIP yang diketuai oleh Megawati Soekarnoputri. Duduk sebagai Anggota Dewan Pengarah BPIP yaitu Mahfud MD, Ketua MUI Ma`ruf Amin, Ketum PBNU Aqil Siradj hingga Sudhamek.

    (rt)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here