Situs Resmi Pilkada Sulit Diakses, KPU: Untuk Tangkal Hacker

    0
    Petugas KPU Jateng mengamati hasil penghitungan suara "real count" sementara menggunakan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) dalam Pilgub Jateng, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (28/6). Penghitungan suara "real count" ditargetkan selesai pada Kamis (28/6) dan untuk sementara pasangan cagub-cawagub nomor urut 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin masih unggul atas pasangan cagub-cawagub nomor urut 2 Sudirman Said-Ida Fauziyah. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

    PolitikToday – Situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) infopemilu.kpu.go.id yang menampilkan hasil real count Pilkada serentak 2018, sangat sulit diakses oleh publik. Namun, Ketua KPU Arief Budiman mengklaim sulitnya aksestersebut merupakan cara untuk menangkal serangan peretas (hacker).

    “Laman ini harus kita buka-tutup. Jadi kalau mengakses web kita kadang bisa dan gak bisa dibuka itu sebetulnya cara kami untuk menangkal serangan yang datangnya bukan hanya tiap jam, tapi tiap menit,” ujar Arief dalam diskusi dengan tema Pilkada, Kotak Kosong dan Pilpres di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6/2018).

    Lanjut Arief, ia membantah tindakan itu bukan karena KPU tidak transparan terhadap hasil Pilkada 2018 yang digelar pada Rabu kemarin (27/6). Namun, ia menegaskan hal itu merupakan cara agar mengamankan dari serangan.

    “Jadi kita buka, tutup bersihkan lagi, buka lagi. Begitu. Karena kalau kita buka terus akan merepotkan banyak pihak juga. Jadi mohon maaf kalau masih sering buka-tutup,” tambahnya.

    Sebelumnya, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi pun angkat bicara terkait peristiwa itu. Dia mengungkapkan, peristiwa peretasan situs tersebut tidak akan mempengaruhi hasil akhir Pilkada.

    Sebenarnya mau di-hack gimana pun juga enggak akan pengaruhi hasil akhir. Enggak ada pengaruhnya sama real count,” ucapnya.

    (raf)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here