Survei RTK: Deddy-Dedi Unggul Tipis dari Ridwan-Uu di Pilkada Jabar

    0
    Survei RTK: Deddy-Dedi Unggul Tipis dari Ridwan-Uu di Pilkada Jabar
    (Dari kiri) Pasangan calon gubernur dan wagub Jawa Barat nomor urut satu Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, nomor urut dua TB Hasanuddin-Anton Charliyan, nomor urut tiga Sudrajat-Ahmad Syaikhu, dan nomor urut empat Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi menghadiri Debat Publik Putaran Kedua Pillgub Jabar 2018 di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (14/5). Tema yang diangkat pada debat kedua Pilgub Jabar mengenai lingkungan hidup, sumber daya alam (SDA), energi dan pangan, pertanian, kelautan, kehutanan dan pertambangan. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

    PolitikToday – Roda Tiga Konsultan (RTK) merilis hasil survei terhadap elektabilitas kandidat di Pilkada Jawa Barat 2018. Hasilnya pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi unggul tipis dibanding pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

    “Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dipilih oleh 29,9% responden unggul tipis dibandingkan dengan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul yang dipilih oleh 29,9% responden. Perbedaannya hanya dengan margin of error,” kata Direktur Riset RTK, Rikola Fedri, di Cafe Mandailing, Jl Lebak Bulus I, Jakarta Selatan, Jumat (22/6/2018).

    Ia mengatakan, survei tersebut dilakukan dengan skema elektabilitas tertutup. Pertanyaan dengan skema ini adalah, ‘Seandainya pemilihan langsung Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dilaksanakan pada hari ini, dari 4 pasangan nama berikut ini siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur’.

    Menurut Rikola, pasangan Dedy Mizwar unggul, karena di skema ini peserta diberikan pilihan nama-nama. Adapun pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan metode ini memperoleh 4,8% dan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan dipilih 4,2%. Yang belum memilih sebanyak 32,4% pemilih.

    Sementara untuk survei elektabilitas terbuka (top of mind), Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, mendapat hasil yang seimbang. “Secara spontan disebutkan oleh 21% responden sebagai Cagub-Cawagub Jabar,” terangnya.

    Rikola menyebut alasan mengapa hasil untuk Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar seri atau seimbang, yakni karena responden menjawab dengan spontan. Hasil survei itu menyebutkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu menyusul 3,9% dan TB Hasanuddin-Anton Charliyan 2,9%. Yang belum memutuskan 41,1% pemilih.

    Survei dilakukan pada 28 Mei-2 Juni 2018. Survei dilakukan kepada 1200 responden. Metode yang digunakan adalah stratified systemic random sampling dengan margin of error 2,9% dan quality control 20%.
    (raf)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here