Versi Hitung Cepat: Khofifah-Emil Menang Pilgub Jatim

    0
    Versi Hitung Cepat: Khofifah-Emil Menang Pilgub Jatim
    Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Emil Dardak (kanan) mengikuti debat publik I Pilgub Jatim di Gedung Dyandra Convetion Center, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/4). Debat publik pertama tersebut menekankan soal pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, keagamaan, budaya, kemasyarakatan, ideologi, HAM, kebangsaan, kepemudaan dan keperempuanan. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/kye/18

    PolitikToday – Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak unggul dalam hitung cepat Pilgub Jawa Timur yang digelar Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Pasangan cagub dan cawagub nomor urut 1 tersebut  memperoleh suara sebanyak 54,14 persen.

    Berdasarkan pantauan, Rabu (26/7) pukul 16.30 WIB, data hitung cepat LSI Denny JA menunjukkan sebanyak 96,50 persen suara Jatim telah masuk. Paslon nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak menang dengan perolehan suara sebanyak 54,14 persen. Sementara itu, paslon nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno meraih 45,86 persen.

    Tingkat partisipasi warga Jatim tercatat sebesar 65,03 persen. Menurut LSI Denny JA, tingkat partisipasi di atas 60 persen sudah cukup tinggi dalam Pilkada. Selain itu, perbedaan persentase kedua kandidat yang mencapai sekitar delapan persen sudah dapat memastikan bahwa Khofifah memenangkan pilgub Jatim.

    “Dilihat perkembangan data, setidaknya tidak akan mengubah posisi. Dengan demikian pasangan Khofifah – Emil Dardak memenangkan pemilihan Gubernur Jawa Timur,” kata Peneliti LSI Denny JA, Muhammad Khotib Khotib di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Rabu, (27/6/2018)

    Namun, untuk hasil pastinya tetap harus merujuk data KPU.

    “Pemenang sesungguhnya kita harus tetap merujuk hasil rekap penyelenggara masing-masing provinsi,” katanya.

    Sementara, hasil hitung cepat sementara versi Lembaga Survei Indikator, Khofifah -Emil juga unggul dari Gus Ipul-Puti. Khofifah -Emil meraih 53,72 persen, sedangkan Gus Ipul-Puti meraih 46,28 persen. Data masuk sudah mencapai 98,33 persen.

    Kedua paslon pilgub Jatim sebelumnya sudah bersaing pada pilgub 2008 dan 2013. Khofifah yang maju sebagai calon gubernur kalah dua kali oleh Soekarwo-Gus Ipul. Pada pilgub kali ini, pasangan Khofifah-Emil diusung Partai Demokrat, Golkar, Nasdem, PPP, PAN, dan Hanura. Pasangan Gus Ipul-Puti ini diusung PDIP, PKB, Gerindra, dan PKS.

    Menurut LSI, variabel yang menentukan pemilih daerah Jawa Timur adalah dukungan keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) karena Jatim merupakan basis terbesar NU. Selain itu, pemilih milenial dan peranan wakil gubernur menjadi penentu perolehan suara.

    (rt)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here