Amien Rais Sebut Jokowi Prioritaskan Cina

    0
    Amien Rais Sebut Jokowi Prioritaskan Cina

    PolitikToday – Mantan Ketua MPR Amien Rais menyebut Indonesia saat ini telah kehilangan kedaulatan ekonomi. Amien menganggap pemerintah Jokowi memberi prioritas Cina yang akhirnya mempengaruhi kedaulatan ekonomi Indonesia.

    “Jadi dalam pengamatan saya negeri ini sudah kehilangan beberapa kedaulatan. Di ekonomi kita enggak berdaulat lagi karena utang kita ke luar negeri sudah sedemikian parah dan kita tahu juga ada negara besar yang namanya China itu mendapatkan prioritas berlebihan,” kata Amien, Rabu (4/7).

    Menurut Amien, sejumlah kebijakan ekonomi pemerintahan Jokowi justru menyebabkan pelemahan daya beli dalam negeri, utang yang terus menggunung, hingga penyerobotan lapangan kerja oleh tenaga kerja asing khususnya dari China.

    Jadi kalau negara di atas negara ini menggurita kemudian seperti kata Bung Karno, kita bisa menjadi bangsa kuli, bangsa penonton, kita melihat bangsa yang senang makmur itu bukan bangsa sendiri. Kita cuma jadi tukang lap, tukang tambal ban, tukang sapu jalan, pelayan restoran, kemudian hal-hal yang kecil itu sendiri,” jelasnya.

    Kebijakan pemerintahan Jokowi atau yang disebut Amien dengan istilah Jokowinomics tersebut dianggapnya belum sukses memperbaiki keadaan Indonesia.

    “Jadi menurut saya Jokowinomics itu memang belum berhasil. Kalau dikatakan gagal, masih ada 8 bulan lagi sampai Pilpres. Siapa tahu ada keajaiban sampai sukses,” ujar Amien.

    Amien juga mengatakan ada dajal ekonomi sampai dajal intelijen di pemerintahan. Sosok itulah yang dia sebut membuat pemerintah terlihat gagah.

    “Yang saya hadapi bukan pak ini bukan pak itu. Di belakangnya ada dajal ekonomi, dajal intelijen, yang membuat mereka gagah,” ucap Amien.

    (bs)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here