Antisipasi Eks Koruptor Jadi Caleg, KPU Minta Daftar Napi ke KPK

    0
    Masih Didata, Jumlah Penderita Gangguan Mental di DPT Sudah Capai 43 Ribu
    Viryan Aziz

    PolitikToday – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku telah meminta daftar nama eks napi korupsi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu guna mengantisipasi mantan koruptor masuk dalam pencalonan anggota legislatif pemilu 2019.

    “KPK menyatakan akan menyerahkan daftar (eks napi korupsi) kepada kami. Kami berharap KPK bisa lebih cepat menyerahkan data itu,” ujar Komisioner KPU Viryan Aziz, Jumat (6/7/2018).

    Viryan mengatakan nantinya data ini akan dijadikan rujukan KPU pada saat proses verifikasi pendaftaran caleg 2019. Proses verifikasi sendiri dilakukan setelah partai mendaftarkan calegnya.

    “Untuk nantinya bisa kita lakukan rujukan untuk verifikasi. Jadi setelah nanti partai mengajukan, mendaftarkan calegnya, kita lakukan verifikasi,” kata Viryan. 

    Nantinya, bila pada proses verifikasi ditemukan adanya eks napi korupsi yang mendaftar maka dokumen akan dikembalikan. Ia mengatakan KPU berharap dapat menerima daftar KPK tersebut sebelum masuk dalam tahapan verifikasi. 

    “Pada saat kegiatan verifikasi ditemukan hal itu akan diklarifikasi dan dikembalikan,” ujar Viryan. 

    “Ya diharapkan (sebelum verifikasi), sepengetahuan kami KPK sedang menyiapkan dokumen-dokumen tersebut,” sambungnya.

    Memang tak semua napi korupsi berasal dari proses hukum yang ditangani KPK. Untuk diketahui, KPK bukan lembaga tunggal yang bisa menangani kasus korupsi. Polisi dan kejaksaan juga memiliki kewenangan untuk mengusut perkara rasuah.
    (raf)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here