Besok Komisi II Akan Panggil KPU, Bawaslu, Mendagri dan Mengkumham

    0
    Besok Komisi II Akan Panggil KPU, Bawaslu, Mendagri dan Mengkumham

    PolitikToday – Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Ahmad Riza Patria merencanaan akan menggelar pertemuan dengan Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum, dan Badan Pengawas Pemilu pada Rabu (4/7) esok guna membahas polemik Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang melarang mantan narapidana korupsi menjadi calon legislatif.

    Disampaikan Riza, pertemuan itu dimaksudkan guna mencari titik temu terhadap terbitnay PKPU nomor 20/2018 dan adanya upaya penolakan dari sebagian partai politik.

    “Rabu pagi ketemu, Kemendagri, Kemenkum HAM, KPU dan Bawaslu bersama pimpinan DPR membahas apa solusi dan jalan tengah, apa titik temunya,” kata Riza, Selasa (3/7).

    Ia menjelaskan, DPR tetap akan menekankan KPU agar membuat aturan berdasarkan UU. DPR mengingatkan jika KPU dan Pemerintah tetap kukuh pada sikapnya masing-masing, maka tak akan ada titik temu.

    “Tugas DPR memastikan sesuai dengan UU, kalau KPU bersikeras enggak ketemu (solusi), KPU masih bersikeras apa yang diputuskan betul dari pemerintah meyakini apa yang disampaikan betul,” tegasnya.

    Politisi Partai Gerindra itu mengatakan DPR saat ini tengah mempertimbangkan untuk menggunakan hak pengawasan yang dimiliki. Hak pengawasan itu tambahnya akan dipakai jika KPU tetap berjalan sendiri dalam membuat aturan.

    “DPR bisa menggunakan hak pengawasannya tapi KPU bersifat mandiri independen. Kalau ada yang keberatan paling mengajukan gugatan,” ujar Riza.

    Sebelumnya, politisi PPP Achmad Baidowi sudah menegaskan sikap fraksinya untuk menggalang dukungan penggunaan hak angket jika KPU tetap memberlakukan PKPU yang melarang mantan napi menjadi caleg.

    Menurut Baidowi, keberadaan PKPU itu bertentangan dengan UU yang berlaku dan juga KPU Tida dibenarkan menerbitkan aturan yang melanggar UU atau menerbitkan norma sendiri.

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here