Diterbangkan ke Jakarta, Kemendagri Tunggu Kejelasan Status Irwandi Yusuf

    0
    Diterbangkan ke Jakarta, Kemendagri Tunggu Kejelasan Status Irwandi Yusuf

    PolitikToday – Gubernur Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam Irwandi Yusuf harus menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta pada Rabu (4/7) hari ini. Irwandi diterbangkan ke Jakarta pukul 09.30 WIB tadi pagi dan dijadwalkan sudah akan tiba di Gedung KPK Jalan Rasuna Said siang ini.

    Irwandi yang berjalan menuju bandara terlihat dikawal ketat aparat Kepolisian. Setibanya di Bandara Sultan Iskandar Muda, Gubernur NAD pertama kali pasca Perjanjian Helsynki itu tidak mau memberikan keterangan apa apa kepada wartawan.

    Irwandi dicokok Satgas KPK bersama Bupati Bener Meriah Ahmadi dan beberapa orang lainnya. Dalam penangkapan itu, KPK juga mengamankan uang senilai ratusan juta rupiah yang diduga berkaitan dengan suap dana otonomi daerah.

    “Sejauh ini info yang bisa diberikan dugaan pemberian atau dugaan transaksi terkait proses penganggaran, jadi proses penganggaran antara hubungan provinsi dan kabupaten,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4/7/2018) dini hari.

    Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar, menyatakan, pihaknya masih menunggu informasi resmi yang dikeluarkan dari KPK mengenai penangkapan tersebut.

    “Masih tunggu (pernyataan) resmi KPK. Info tersebut masih perlu di-cross check dan tunggu info resmi dari aparat penegak hukum,” ucapnya.

    Ia menuturkan, jika Irwandi tidak ditahan oleh KPK, maka ia masih bisa menjalankan tugas sebagai gubernur.

    Sebaliknya, jika seorang kepala daerah ditahan maka akan ditindaklanjuti dengan menugaskan wakil gubernur sebagai Plt Gubernur.

    “Jika positif ditahan, maka akan ditindaklanjuti dengan surat penugasan wagub sebagai Plt Gubernur,” tutup Bakhtiar.

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here