Kwik Kian Gie Ungkap Peranan Megawati Dalam BLBI

    0
    Kwik Kian Gie Ungkap Peranan Megawati Dalam BLBI
    Ketua Umum PDI P Megawati Soekarnoputri

    PolitikToday – Kwik Kian Gie menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dengan terdakwa mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syafruddin Arsyad Temenggung, Kamis (5/7).

    Di hadapan hakim, mantan Menteri Koordinator Ekonomi Kwik Kian Gie membeberkan soal pertemuan di kediaman Presiden RI 2001-2004 Megawati Soekarnoputri yang berujung pada penyetujuan pemberian SKL penerima BLBI.

    Dalam BAP disebutkan sebelum pemerintah memutuskan menerbitkan SKL BLBI, digelar tiga kali pertemuan pada 2002 silam. Pertemuan pertama berlangsung di rumah Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta.

    “Saya diundang oleh Megawati di kediaman presiden (jalan) Teuku Umar untuk membahas tentang SKL obligor yang kooperatif, tetapi saya menolak karena saya berpendirian bahwa obligor yang dapat SKL bayar utang sesuai dengan kas negara,” kata jaksa Wayan saat membacakan BAP Kwik, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (5/7).

    Kemudian, sesuai BAP Kwik, pertemuan kedua digelar di Istana Negara. Pertemuan kali ini juga dihadiri oleh orang-orang yang sama ketika pertemuan pertama di kediaman Megawati.

    Dalam pertemuan kedua ini Kwik juga mengaku menolak penerbitan SKL tersebut. Menurut Kwik rapat kedua ditutup tanpa ada hasil yang didapatkan.

    Sedangkan rapat ketiga digelar di Istana Negara. Kwik mengatakan saat rapat ketiga tersebut juga dihadiri Yusril Ihza Mahendra selaku Menteri Kehakiman.

    Kwik mengaku telah berulang kali menolak untuk penerbitan SKL BLBI tersebut. Argumentasi penolakan Kwik ditepis Megawati dengan memerintahakan Yusril menyusun instruksi presiden terkait hal tersebut.

    (bs)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here