Nama Ketua Umum MUI Masuk Radar Cawapres Jokowi

    0
    ma'ruf amin

    PolitikToday – Teka teki terkait siapa nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi di Pilpres April tahun depan masih berlangsung lama. Beberapa nama memang disebut sebut akan menjadi pendamping Jokowi, namun hingga Selasa ini, nama itu belum juga diumumkan kepada publik.

    Nama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin kini muncul ke permukaan. Tokoh NU dan Ulama kharismatik itu disebut sebut sebagai salah satu dari beberapa nama yang sudah dikantongi Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon wakil presidennya.

    DIkatakan Ketua Umum PPP Romahurmuzy, nama KH Maaruf Amin menjadi salah satu kandidat yang layak diperhitungkan. Ulama tersebut jelas Romy diyakini akan mampu menjadi jembatan di tengah koalisi pendukung Jokowi.

    “Kiai Maruf Amin malah menjadi salah satu alternatif untuk menjembatani seluruh ‘interest group’,” kata Romy di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

    Ia menambahkan, Maruf Amin layak dicalonkan karena dinilai sebagai tokoh yang lengkap dan dipastikan akan diterima oleh semua kalangan.

    “Beliau (Maruf Amin, red) pemimpin tertinggi NU karena (menjabat sebagai) rais aam, (diterima) ormas-ormas Islam karena ketua umum MUI, dan penyambung lidah ke grup 212,” katanya.

    Selain itu, Maruf Amin juga menguasai ekonomi karena guru besar bidang ilmu ekonomi muamalat syariah UIN Maulana Malik Ibrahim itu juga merupakan Dewan Ekonomi Syariah Nasional.

    “Pengalaman beliau luas karena pernah menjadi anggota DPR baik dari PPP maupun PKB,” kata Rommy.

    Sebelumnya, Sekjend DPP PPP Asrul Sani pekan lalu menyebutkan, koalisi pendukung Jokowi akan segera menggelar rapat pekan ini guna menentukan kriteria pendamping Jokowi. Asrul mengungkapkan pertemuan itu juga akan membahas hal hal yang berkaitan dengan power sharing dan menentukan format pemerintahan koalisi kedepan.

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here