PAN Tinggalkan Koalisi Jokowi

    0
    PAN Tinggalkan Koalisi Jokowi

    PolitikToday – Partai Amanat Nasional (PAN) akan meninggalkan barisan koalisi Jokowi. Hal tersebut disampaikan Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto.

    Menurutnya, partai berlambang matahari tersebut kemungkinan akan merapat ke Partai Gerindra, asalkan mengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atau berpasangan dengan Zulkifli Hasan di Pilpres 2019.

    “Kalau Pak Prabowo tetap mau maju kemudian berpasangan dengan Pak Zulkifli atau dengan Anies, kita juga enggak terlalu masalah. PAN siap mengkonkretkan ini dengan Gerindra,” kata Yandri, Jumat (6/7).

    Lebih lanjut Yandri menjelaskan, kedua nama tersebut adalah tokoh dari eksternal PAN yang kerap dipertimbangkan untuk diusung sebagai capres atau cawapres.

    Yandri juga mengatakan PAN juga akan siap mengusung pasangan Gatot Nurmantyo-Anies Baswedan maupun sebaliknya.

    “Kalau di eksternal itu ada Prabowo, Anies dan Gatot. Jadi Anies memang sudah sering kami bahas di internal kami sebagai capres ataupun wapres,” kata Yandri.

    Dari internal PAN, nama Ketua Umum Zulkifli Hasan adalah nama yang dipertimbangkan untuk dicalonkan.

    Menurut Yandri, koalisi Gerindra-PAN sudah memenuhi persyaratan 20 persen untuk mengusung calon presiden dan wakil presiden.

    Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Ferry Juliantono mengatakan barisan koalisi Prabowo semakin solid. Sementara itu menurutnya barisan koalisi Jokowi saat ini berantakan.

    “Kalau di kita koalisinya lancar. Kalau di Pak Jokowi yang berantakan sekarang. Tanda-tanda berantakannya sudah ada, antara PDIP dengan Pak Jokowi karena Pilkada Jatim,” jelasnya, Kamis (5/7).

    Pada pemilihan 2014 PAN bersama Gerindra, PKS, PPP, PBB dan Golkar mengusung pasangan Prabowo-Hatta Rajasa.

    (bs)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here