Peretas Situs Bawaslu Mengaku Iseng

    0
    Peretas Situs Bawaslu Mengaku Iseng

    PolitikToday – Cakil alias DM, seorang pemuda tanggung yang ditangkap Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengaku tindakannya yang meretas situs Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hanya didasari keisengan belaka. Kepada polisi, Cakil mengaku ia memang memiliki keahlian sebagai hacker dan mencoba coba mengakali situs badan pengawas pemilu tersebut.

    Dijelaskan Kasubdit II Ditsiber Bareskrim Kombes Pol. Asep Safrudin, di kantornya, Cideng, Jakarta Pusat, Jumat (6/7), Akil mengaku kepada polisi ia hanya sekali melakukan hal itu.

    “Modusnya adalah dia melakukan ilegal akses ke situs Bawaslu dengan tujuan motif yang menurut yang bersangkutan hanya iseng-iseng,” kata Asep.

    Asep mengakui, selain memiliki keahlian sebagai peretas situs di tingkat domestik, Cakil juga diketahui memiliki keahlian khusus dalam hal meretas situs yang berada di luar negeri.

    “Ada situs-situs lembaga pendidikan dan media online yang dia retas,” ujar Asep.

    DM, sambung Asep, belajar meretas dari grup di sosial media Facebook yang berisi para komunitas hacker yang bertukar aplikasi cara meretas situs. Bersama pelaku, polisi turut mengamankan sebagai barang bukti beberapa sim card, memory micro dan perangkat komputer.

    Kini Cakil dijerat dengan Pasal 46 juncto Pasal 32 atau Pasal 49 juncto Pasal 32 UU 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman kurungan penjara maksimal 10 tahun.

    Kepada wartawan, Cakil alias DM menyebutkan kebanyaka situs situs pemerintah yang ada saat ini lemah dan mudah sekali dibobol.

    “Situs pemerintah (sistem keamanannya) sangat lemah,” kata Dendi saat jumpa pers di Bareskrim Polri, Cideng, Jakarta Pusat, Jumat (6/7).

    Cakil mengaku telah meretas banyak situs pemerintah, di antaranya DPRD Banten, Dinas Pedesaan di Banten, dinas-dinas lainnya, dan situs Universitas Brawijaya. Ia mengaku bangga bisa meretas situs-situs itu.

    “Bangga doang sih bisa retas,” ujarnya.

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here