Rupiah Terus Melemah, Kinerja Tim Ekonomi Jokowi Abal-abal

    0
    Rupiah rontok

    PolitikToday – Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hafizs Thohir menegaskan bahwa melemahnya nilai tukar rupiah bisa membuat citra pemerintah ikut menurun di mata publik, terutama dunia usaha. Bahkan kalau hal ini terus terjadi, bukan tidak mungkin berdampak negatif pada kinerja Presiden Joko Widodo.

    “Hal itu bisa saja dan berpotensi akan menurunkan elektabilitas Jokowi menjelang Pilpres 2019,” tegas Hafizs, di Jakarta, Senin (9/7/2018). itu pun

    Karena itu, Hafizs menyarankan agar kementerian bidang ekonomi segera mencari solusi terhadap perbaikan tersebut. Setidaknya mencari strategi baru guna meredam nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar AS.

    “Seharusnya menteri-menteri perekonomian RI tidak boleh menyikapi penguatan dolar AS kali ini hanya dengan aksi yang biasa-biasa saja. Harus ada action plan yang diluar dari biasa-biasa saja,” tandas mantan Ketua Komisi VI DPR itu.

    Menurutnya, upaya yang telah dilakukan BI sudah cukup bagus, sudah sesuai on the track, sesuai fungsi dan tugasnya di dalam UU, walau tetap ada saja kekurangan.

    “Akan tetapi upaya BI saja belumlah cukup. Karena upaya-upaya tersebut harus langsung disertai dengan kebijakan pemerintah berikutnya , yang pro kepada penguatan nilai tukar rupiah baik dari sisi Makro maupun pada sektor Mikro,” katanya.

    Terkait, Presidium Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima) Sya’roni mendesak Jokowi untuk memecat tim ekonominya. Pasalnya,  melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar secara drastis menunjukkan fundamental ekonomi yang sangat lemah.

    “Jika Jokowi tidak membredel tim ekonomi, maka tidak menutup kemungkinan rupiah akan terus melemah hingga menyebabkan krisis ekonomi,” ujar Sya’roni, Senin (9/7/2018).
    Menurut Syahroni, jika hal ini terjadi maka rakyat tidak akan percaya lagi pada Jokowi. Rakyat akan meminta Jokowi mundur tanpa segan dan ragu lagi.

    “Maka rakyatlah yang akan menurunkan Jokowi. Jika Jokowi tidak mau diturunkan oleh rakyat, maka segeralah merombak tim ekonomi yang terbukti  kinerjanya abal- abal,” pungkas dia.

    (rt)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here