Situs KPU Diretas, Ketua KPU Pastikan Data Real Tidak Berubah

    0
    Situs KPU Diretas, Ketua KPU Pastikan Data Real Tidak Berubah
    Ketua KPU Pusat Arief Budiman

    PolitikToday – Situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) www.kpu.go.id ditenggarai telah diserang hacker di dunia maya. Situs yang menampilkan data real time penghitungan suara Pemilhan Kepala Daerah di berbagai Propinsi dan Kabupaten serta Kota itu kerap berubah dan macet.

    Media yang sempat melihat tampilan halaman www.infopemilukpu.go.id menyaksikan penghitungan suara Pilgub Kalimantan Timur yang dimenangkan oleh pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Rusmadi – Safaruddin. Padahal sebelumnya, situs yang sama menampilkan data real time bahwa perolehan suara pasangan Isran – Hadi unggul dibanding kandidat lainnya.

    Dikutip dari situs berita JPNN, Komisioner KPU Kalimantan Timur Ida Farida mengatakan pihaknya memilih tak ambil pusing karena KPU memiliki back-up data yang real dari petugas yang ada dilapangan sehingga tak begitu berpengaruh terhadap real time yang disajikan KPU RI tersebut.

    “Kami tetap menggunakan hasil rekapitulasi pungutan suara resmi,” ujarnya.

    Sementara itu ditempat terpisah, Ketua KPU Arief Budiman membenarkan website KPU RI telah diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Arief menyebutkan informasi terkait diretasnya situs resmi KPU itu diterimanya setelah mendapat laporan masyarakat yang melihat laman daring infopemilukpu.go.id mengalami perubahan data real time yang signifikan.

    “Jadi, masyarakat penting untuk terlibat pada proses pemilu. Bukan hanya kampanye dan saat pemilihan. Tapi terlibatnya hingga proses perhitungan. Masyarakat bisa memantaunya lewat infopemilukpu.go.id, cuma memang terjadi buka-tutup pada situs ini,” ujar Arief Budiman.

    Ia menambahkan, KPU tengah berupaya membendung peretas yang selalu datang setiap menit. Maka tenaga ahli IT yang dimiliki KPU menyarankan agar situs infopemilukpu.go.id ditutup untuk sementara waktu untuk menangkal dan membereskan upaya peretasan yang datang menyerang.

    Arief menegaskan, KPU telah melakukan langkah langkah yang tepat dan menjamin tidak ada data yang berubah setelah situs aktif kembali. Dia menegaskan, bila publik kurang percaya terhadap kinerja sistem daring KPU, masyarakat bisa memantau kerja KPU secara manual melalui tingkat kecamatan hingga seterusnya.

    “Prinsipnya kerja KPU adalah transparan dan penuh integritas. Sampai hari ini, proses penghitungan di kecamatan terbuka,” pungkasnya.

    (gg)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here