Suara Tergerus di Pilkada 2018, CSIS: Posisi PDIP Melemah di Hadapan Jokowi

    0
    Suara Tergerus di Pilkada 2018, CSIS: Posisi PDIP Melemah di Hadapan Jokowi
    Arya Fernandes, Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS)

    PolitikToday – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Utut Adianto menjelaskan partainya saat ini tengah berbenah dan mengevaluasi hasil Pilkada Serentak 2018.

    “Tentu kita juga akan berhitung banyak di daerah, yang tadinya (suara) kita sangat kuat, sekarang tergerus, bahkan ada yang kalah. Ini yang kita akan menjadi perhatian. Ini khusus dari PDIP,” kata Utut, Senin (2/7).

    Menurut Utut, terkait perolehan suara di daerah harus tetap dipantau perolehan angkanya agar terkonfirmasi kebenarannya. Utut mengakui bahwa PDIP sampai saat ini masih memantau perolehan suara yang ada di daerah.

    “Jadi bukan hanya sekedar spekulasi, kata orang, tapi terkonfirmasi paling enggak dari tiga titik: lapangan, evidence waktunya, dan terakhir juga pergerakan pertumbuhannya di mana saja,” ujar dia.

    Sementara itu, Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menagatakan kekalahan PDIP di Jawa Barat dan Jawa Tengah akan melemahkan bargaining PDIP di hadapan Jokowi.

    “Dengan berkurangnya kekuatan PDIP di Jabar dan Jateng, posisi PDIP mulai melemah di hadapan Jokowi. Bargaining Mega dengan Jokowi mulai melemah,” kata Arya, Senin (2/7).

    Arya menjelaskan kondisi hari ini berbeda dengan 2014, dimana posisi Megawati sebagai Ketua Umum PDIP saat itu sangat powerful. Sedangkan hari ini keuatan Jokowi bertambah karena dukungan dari Nasdem, Golkar, Hanura, PPP dan lainnya.

    Terkait dengan cawapres Jokowi, Arya memprediksi Jokowi akan melakukan perubahan strategi untuk memperkuat suaranya di Pulau Jawa guna mengimbangi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

    Araya juga berpendapat, Jokowi akan memperbanyak konsolidasi di Pulau Jawa. Khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

    (bs)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here