TGB Dukung Jokowi, PA 212 Tentukan Capres 27 Juli

    0
    TGB Dukung Jokowi, PA 212 Tentukan Capres 27 Juli

    PolitikToday – Persaudaraan Alumni (PA) 212 mengatakan akan menentukan dukungan politik soal Capres di Pilpres 2019 pada akhir Juli ini. Sedangkan nama Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) diakui telah dicoret dari daftar rekomendasi PA 212.

    “Kalau capres yang didukung, yang disepakati dalam ijtima ulama 27 Juli nanti. Tunggu saja perkembangannya,” kata Sekjen Forum Umat Islam (FUI) sekaligus pengurus Persaudaraan Alumni 212 Muhammad Al Khaththath, Kamis (5/7).

    Ijtima itu akan dihadiri sejumlah ulama dari berbagai ormas Islam, terutama yang selama ini terhubung dengan Alumni 212. Ijtima itu akan menyepakati calon presiden dan wakil presiden yang akan didukung pada Pilpres 2019.

    Terkait dengan TGB yang telah di coret PA 212, Sekretaris Jenderal Alumni Al Azhar Mesir Cabang Indonesia, Muchlis, menyatakan sikap politik Ketua Umumnya tersebut bukan merupakan sikap politik atau mewakili Alumni Al Azhar Mesir Cabang Indonesia.

    Menurut Muchlis, sikap politik TGB yang mendukung Jokowi tersebut bisa jadi lahir dari tafsir yang bersangkutan terhadap petuah Grand Shaikh Al Azhar Ahmad Muhammad ath-Thoyyib.

    Dikatakan Muchlis, ath-Thoyyib saat berkunjung ke Indonesia pada Mei lalu pernah berpesan kepada TGB untuk selalu mengambil peran sejalan dengan prinsip tengahan.

    “Itu (dukungan TGB) setelah pemikiran cukup panjang. Saya pribadi mendukung pilihan tersebut, seperti yang disampaikan oleh Grand Shaikh Al Azhar saat berkunjung ke Indonesia, berpesan kepada TGB, ‘apapun posisi kamu, harus berperan atau mengambil peran sejalan dengan prinsip tengah-an’,” ujar Muchlis, Kamis (5/7).

    Sebelumnya, TGB menyatakan mendukung Jokowi memimpin Indonesia untuk dua periode. Menurut pria yang saat ini menjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat itu, keputusan mendukung Jokowi telah melalui pertimbangan yang berkaitan dengan kemaslahatan bangsa, umat dan akal sehat.

    (bs)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here