PDIP dan Koalisi Ungkap Strategi Gerus Elektabilitas Gerindra

0
PDIP dan Koalisi Ungkap Strategi Gerus Elektabilitas Gerindra

PolitikToday Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan berupaya untk menurunkan elektabilitas Gerindra dalam Pemilihan Legislatif 2019 bersama parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

 
Hasto mengatakan upaya ini guna menguatkan sistem presidensial bila paslon Jokowi-Ma’ruf menang di Pilpres 2019.

“Dalam rangka penguatan sistem presidensial, gambaran ideal terjadi apabila Golkar bisa menduduki posisi nomor dua mengalahkan Gerindra dan PKB nomor tiga. Kami akan tingkatkan kerjasama agar elektoral seluruh Parpol KIK bisa meningkat,” beber Hasto, Jakarta, Kamis (21/3/2019).
 
Lanjut Hasto, bahwa Gerindra tidak memiliki kekuatan teritorial sebagaimana dimiliki parpol-parpol dalam KIK.
 
“Dengan demikian kaki-kaki Gerindra bisa diminimkan kerjanya di lapangan,” kata Hasto yang saat ini menjabat Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf.

Keyakinan ini didasari hasil survei Litbang Kompas yang sebut elektabilitas Prabowo-Sandi naik 4 persen selama 6 bulan.
 
“Maka kami optimis Jokowi-Kiai Haji Ma’ruf Amin menang semakin tebal. Elektoral PDIP yang tinggi akan jadi daya dorong maksimum bagi Jokowi-Kiai Haji Ma’ruf Amin,” tukasnya.
 
Hasto buka strategi turunkan elektabilitas Gerindra akan melibatkan tokoh Nahdlatul Ulama, PKB, PPP, dan Golkar. Termasuk memainkan peran tokoh NU, PKB, dan PPP membendung gerak Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang berada di belakang Prabowo-Sandi.
 
“Di sini tokoh-tokoh NU, PKB, dan PPP bisa bergerak bersama membendung gerak HTI yang berada di belakang Prabowo-Sandi,” ungkapnya. (hz)

Baca juga  Jokowi Bantah Pakai Earpiece saat Debat Pilpres Kedua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here