DKPP Perintahkan Copot Dua Komisioner, KPU Segera Gelar Rapat Pleno

0

PolitikToday – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan dua komisioner KPU, Ilham Saputra dan Evi Novida Ginting Manik, melakukan pelanggaran kode etik Penyelenggara Pemilu. DKPP menjatuhkan sanksi keras berupa pemberhentian dari jabatan.

Ilham Saputra yang merupakan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik dianggap melanggar kode etik terkait pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI Partai Hanura. Sedangkan Evi Novida Ginting Manik sebagai Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Diklat, dan Litbang dianggap melanggar kode etik terkait seleksi Komisioner KPUD Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara periode 2019-2024.

Merespons putusan DKPP, KPU akan menggelar rapat pleno minggu ini guna merombak jabatan yang dipegang para komisioner.

“Satu-dua hari ini kita akan lakukan rapat pleno,” kata Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik di Gedung Mahkamah Konstituso (MK), Jakarta, Kamis (11/7).

Evi menyampaikan belum ada jadwal yang pasti kapan rapat pleno tersebut. Hal itu lantaran padatnya agenda para komisioner terkait sengketa pileg Pemilu 2019. Rapat pleno nantinya, kata Evi akan meresmikan pencopotam jabatan dua komisioner KPU dan menentukan siapa komisioner yang akan mengemban amanah baru tersebut.

Selain itu, rapat pleno nanti juga akan membahas jabatan baru bagi dua komisioner KPU yang dicopot dari jabatannya.

“Saya pikir bisa dilakukan dan semua kegiatan maupun tugas kan tidak mengalami kendala karena kita mengambil keputusan itu secara kolektif kolegial,” ujar Evi.

Sementara itu, Ketua KPU Arief Budiman juga memastikan akan segera melakukan rapat pleno dan pergantian personel, meskipun hal itu tidak mudah untuk dilakukan di tengah-tengah tahapan pemilu dan persiapan Pilkada ini.

“Kita akan tindak lanjuti setelah melakukan rapat pleno, bagaimana sikap kita, bagaimana respons kita. Karena bukan hal yang mudah sebetulnya mengganti personel di tengah-tengah tahapan seperti ini,” kata Arief Budiman.

Baca juga  Hentikan Perhitungan Situng di Website, kalau Input Data Selalu Salah

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here