Aliansi Buruh Jabar Tolak Revisi UU Ketenagakerjaan: Sangat Merugikan Buruh

0

PolitikToday– Ratusan buruh/pekerja menggelar unjuk rasa menolak rencana revisi Undang-undang No 13/2003 tentang ketenagakerjaan. Para buruh tersebut, meminta Gubernur dan DPRD Jabar mendukung penolakan tersebut.

“Ini dampak sangat kompleks karena dikhawatirkan tercipta upah murah karena upah yang diterima akan sesuai di daerah,” kata Koordinator Aliansi Buruh Jabar, Ajat Sudrajat kepada wartawan.

Ada tiga poin tuntutan yang disampaikan perwakilan massa buruh. Aksi tersebut digelar, untuk menolak rencana revisi Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan karena dianggap merugikan buruh.

Ajat menjelaskan, draft revisi yang beredar terdapat soal penghapusan pesangon buruh/pekerja, penetapan pekerja waktu tidak tertentu atau kontrak, penetapan pekerjaan bisa diserahkan pada perusahaan outsourching, dan pembentukan serikat buruh dan hak pekerja lainnya yang dipersulit.

Buruh yang menggelar aksi tersebut berasal dari 11 organisasi serikat pekerja di Jabar. Aksi damai tersebut, digelar di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (22/8) dengan membawa atribut bendera. Mereka mengisi aksinya dengan berorasi menyampaikan berbagai tuntutan.

(yt)

Baca juga  Sri Mulyani Dinobatkan Menteri Terbaik Dunia, Sekjen Prodem: Itu Upaya Neolib Branding Sri Mulyani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here