Dituduh Sebar Hoaks Penyerangan Wiranto, Pengguna Akun @hanumrais, @JRX_SID dan Jonru Dipolisikan

0
Detik-detik Menteri Wiranto diserang orang tak dikenal saat di Pandeglang

PolitikToday – Lima pengguna akun medsos dilaporkan ke Polda Metro. Pelaporan ini terkait ujaran kebencian dan penyebaran hoaks Jaya atas penusukkan Menko Polhukam Wiranto di Pandeglang, Banten, pada Kamis (10/10/2019).

Ketiga akun Twitter itu adalah @hanumrais, @JRX_SID, @fullmoonfolks. Akun @hanumrais selama ini diketahui sebagai milik Hanum Salsabiela Rais, puteri dari Amien Rais. Sementara @JRX_SID diketahui sebagai milik  Penabuh drum Superman Is Dead, Jerinx SID. Sementara @fullmoonfolks dimiliki jurnalis bernama Bhagavad Sambadha.

Sementara dua akun Facebook yang dilaporkan bernama Jonru Ginting dan Gilang Kazuya Shimura.

Laporan itu dibuat seorang bernama Jalaluddin. Laporan Jalaluddin teregister dengan nomor laporan LP/6558/X/2019/PMJ/Dit.Reskrimsus 11 Oktober 2019. Akun-akun ini dilaporkan dengan Pasal 28 ayat 2 ITE, kemudian Pasal 14 dan 15 UU No 1 Tahun 1946

“Iya betul, klien kami melaporkan akun-akun media sosial tersebut lantaran menyebarkan ujaran kebencian dan berita hoaks terkait kasus penusukkan yang dialami oleh Menko Polhukam, Wiranto,” kata kuasa hukum Jalaluddin yang juga Ketua Cyber Indonesia, Muannas Alaidid saat dihubungi, Jumat (11/10/2019).

Dalam kesempatan itu, Jalaluddin membawa sejumlah barang bukti. Di antaranya screen shoot status akun media sosial tersebut dan link URL yang disimpan dalam sebuah flashdisk. Barang bukti itu kemudian diserahkan diserahkan kepada kepolisian.

“Kami Cyber Indonesia meminta pihak Kepolisian untuk mengusut akun-akun media sosial penyebar berita bohong, kebencian, dan provokasi serta mengklarifikasi atas dasar apa pemilik akun berpendapat dan menyebarluaskan pendapatnya tersebut secara sadar melalui akun media sosialnya,” ucap Muannas Alaidid.

Surat tanda bukti lapor ini sudah tersebar di medsos dan memicu perhatian netizen.

Contohnya, sahutan Bhagavad Sambadha mengomentari status Dede Budhyarto.

(rt)

Baca juga  Mirip Hendropriyono, NasDem Ingin Masa Jabatan Presiden Ditambah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here